Implementasi Program English morning, English Zone dan Speech Contest di SMP Lab School FIP UMJ

Penulis

  • Pipit Novita Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zaitun Zaitun Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Debbie Affianty Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Latar belakang diadakannya kegiatan pengabdian masyakarat ini yaitu keterbatasan bagi siswa untuk menggunakan bahasa Inggris di sekolah dan luar lingkungan akademis. Bahasa Inggris sering dianggap sebagai mata pelajaran formal, bukan alat komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan di mana bahasa Inggris digunakan secara aktif di sekitar sekolah, termasuk di luar kelas. Subjek pengabdian masyarakat ini adalah semua siswa kelas 7, 8, dan 9 di lingkungan SMP Labschool FIP UMJ tahun ajaran 2023/2024. PKM ini berupa implementasi program English morning, English zone dan Speech contest.  Peserta terlihat aktif dan antusias dalam menggunakan bahasa Inggris selama program berlangsung. Diharapkan program-program seperti ini bisa menginspirasi sekolah-sekolah untuk terus mengaplikasikan pembelajaran bahasa Inggris yang relevan dan menyenangkan.

Referensi

Gunantar, D. (2016). The impact of English as an international language on English language teaching in Indonesia. Language Circle:Journal Lof Language and Literature, X(2), 141–151. http://journal.unnes.ac.id

Ilyosovna, N. A. (2020). The importance of English language. International Journal of English Learning & Teaching Skills, 2(1), 1028–1035. https://doi.org/10.15864/ijelts.2119

Jon, R. B., Embong, R., Purnama, B., & Wadi, A. S. (2021). The challenges of English language teaching in Indonesia. International Journal of English and Applied Linguistics (IJEAL), 1(3), 158–168. https://doi.org/10.47709/ijeal.v1i3.1157

Mappiasse, S. S., & Bin Sihes, A. J. (2014). Evaluation of english as a foreign language and its curriculum in indonesia: A review. English Language Teaching, 7(10), 113–122. https://doi.org/10.5539/elt.v7n10p113

Maruf, Z., Sandra Rahmawati, A., Siswantara, E., & Murwantono, D. (2020). Long walk to quality improvement: Investigating factors causing low English proficiency among Indonesian EFL students. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(03), 7260–7265. www.ijstr.org

Mukminin, M., Habibi, A., Asyrafi, A., Makmur, F., & Marzulina, M. (2018). If our English isn’t a language, what is it?” Indonesian EFL student teachers’ challenges speaking English. The Qualitative Report, 23(1), 129–145. http://nsuworks.nova.edu/tqr

Purwati, D., Faruq Ubaidillah, M., & Restall, G. C. (2023). “Sorry, I can’t Speak”: English teachers’ challenges of teaching EFL speaking in an Indonesian vocational high school sector. Mextesol Journal, 47(1), 0–2.

Songbatumis, A. M. (2017). Challenges in teaching English faced by English teachers at MTsN Taliwang, Indonesia. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 2(2). https://doi.org/10.18196/ftl.2223

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-26

Terbitan

Bagian

Articles