DASAR EDITING CAPCUT UNTUK MEDIA SOSIAL BAGI SISWA MENENGAH PERTAMA (SMPIT AULADY)
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta (KKN-UMJ) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dankemitraan sebagai salah satu wujud dari Catur Dharma perguruan tinggi Muhamamdiyah. Dalam kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman, dimulai dari berusaha beradaptasi, bersosialisasi dalam menjalankan berbagi program kerja (proker) hingga memberikan ilmu-ilmu yang mahasiswa bagikan untuk para peserta mitra. CapCut yaitu merupakan aplikasi editing video dalam smartphone maupun Laptop yang saat ini populer di kalangan editor pemula. Aplikasi ini mampu memungkinkan pada penggunanya untuk melakukan editing video yang menarik dengan berbagai macam fitur dan juga effect-nya dan pelatihan ini dilakukan siswa-siswa melalui laptop untuk menjadikan siswa-siswa menjadi lebihkreativitas dalam mengembangkan teknologi terutama di media sosial. Adanya pembelajaran editing melalui media sosial yang tepat diharapkan mampu menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar. Media pembelajaran mampu meningkatkan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Workshop ini bertujuan untuk menmbahkan wawasan siswa dan siswi sekolah Aulady serta melatih kreatifitas anak dalam mengolah video. Metode yang di gunakan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini meliputi Observasi,Wawancara,Dokumentasi dan kegiatan ini dikuti oleh siswa-siswa dan guru-guru dari Sekolah Islam Terpadu Aulady. Kata Kunci : Kuliah Kerja Nyata, CapCut, Editing, Workshop, sekolah AuladyReferensi
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif
Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1),
https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019).
Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai
Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260.
Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi
Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif
Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575
Tiwi, D. I., & Mellisa, M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran
Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p39-45