SOSIALISASI ANTI BULLYING PADA SISWA SMP AL-ISRA MUHAMMADIYAH 7 TANJUNG DUREN JAKARTA BARAT

Penulis

  • Maulana Yusuf Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fina Zahra Efendi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Devaldy Bagus Satria Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Oktaviana Purnamasari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. Isu perundungan (bullying) di kalangan siswa sekolah menengah pertama (SMP) telah menjadi perhatian serius dalam konteks pendidikan. Kegiatan sosialiasasi bullying ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep bullying, dampak negatifnya, dan cara-cara menghentikan serta mencegahnya. Program ini dirancang untuk membentuk budaya sekolah yang aman, inklusif, dan mendukung pertumbuhan pribadi serta belajar yang optimal bagi setiap siswa di SMP Al-Isra. Para siswa begitu antusias mendengarkan dan memerhatikan materi yang diberikan sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar. Mereka sangat aktif bertanya dan mendengarkan dengan seksama mengenai materi yang disampaikan dan terjadinya komunikasi dua arah dan diskusi antara siswa dan pemateri. Hasil dari kegiatan ini, materi yang disampaikan dianggap dapat memberikan cukup informasi mengenai pencegahan tindakan bullying pada siswa SMP Islam Al Isra dan mereka dapat memahaminya dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa para siswa sudah paham dengan materi yang disampaikan dan kegiatan ini dapat dikatakan berhasil.Kata Kunci: Bullying, Sosialisasi Penyuluhan, Remaja.

Biografi Penulis

Maulana Yusuf, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fina Zahra Efendi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Devaldy Bagus Satria, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Oktaviana Purnamasari, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019).

Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55-66.

Ramadhanti dan Muhamad Taufik Hidayat (2022) ‘Strategi Guru

dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar’,

Jurnal Basicedu, 6(3), pp.4566–4573.

Septiyuni, D. A., Budimansyah, D., & Wilodati, W. (2015) ‘Pengaruh

kelompok teman sebaya (peer group) terhadap perilaku bullying siswa di sekolah’, SOSIETAS, 5(1).

Simfoni-PPA (2022) Peta Sebaran Jumlah Kasus Kekerasan Menurut Provinsi, https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan.

Sistem Pendidikan Nasional (2003) UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 39.

Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. Calyptra, 3(1), 1-17.

Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus bullying di sekolah. Published online.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-26

Terbitan

Bagian

Articles