DIVERSIFIKASI SEBAGAI STRATEGI BAGI PELAKU UMKM DALAM MEMEPRTAHANKAN USAHA PADA UMKM PPMT TANGSEL

Penulis

  • Djoko Hananto Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Daman Sudraman Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Henni Wijayanti Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Pelaku usaha umkm yang juga bisa disebut sebagai pebisnis tentunya memiliki kebanggaan karena dapat berdiri dikaki sendiri dan menjadi pahlawan karena membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Untuk itu diharapkan usaha yang dilakukan dapat berlangsung dalam waktu lama serta mengalami pertumbuhan dikegiatannya. Berbagai cara dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya berjalan dan mengalami pertumbuhan. Salah satu upaya tersebut yaitu dengan melakukan diversifikasi produk. PERMASALAHAN yang terjadi pada pelaku usaha adalah belum adanya diversifikasi produk yang dibuatnya. SOLUSI yang diharapkan yaitu memberikan sosialisasi bagi pelaku usaha umkm melakukan diversifikasi dari produk yang dihasilkan, mengingat konsumen yang ada menginginkan sesuatu yang berbeda serta dapat membuat perbedaan dari pesaing yang adaKata kunci: diversifikasi_umkm_nilai tambah_inovasi

Referensi

Carter, S., & Jones-Evans, D. (2020). Enterprise and Small Business: Principles, Practice and Policy. Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management. P

Johnson, G., & Scholes, K. (2018). Exploring Strategy Text & Cases.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-28

Terbitan

Bagian

Articles