PELATIHAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BOJONG KULUR BOGOR

Penulis

  • Endang Rudiatin Prodi Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulfitria Zulfitria Prodi Magister Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zainal Arif Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Eva Herianti Prodi Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Kukuh Setiawan Prodi Magister Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Tujuan pegabdian masyarakat ini untuk mengetahui peran UMKM dalam pemberdayaan masyarakat agar masyarakat bisa menjadi Entrepreneur. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Mereka memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap PDB, penyerapan tenaga kerja, dan inovasi. Namun, kondisi UMKM saat ini banyak tantangannya. Pengmas ini dilakukan di Desa Bojong Kulur yang dihadiri banyak masyarakat desa baik orang tua, jamah mesjid dan para guru sekitar. Hasil dari pelatihan secara keseluruhan pelatihan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). dapat membantu para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan produktivitas, daya saing, dan keuntungan.Kata kunci: pelatihan, umkm, pemberdayaan, ekonomi

Referensi

Cahyani, U. E. (2017). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Berbasis Syariah di IAIN Padangsidimpuan. Jurnal AtTijatoh, 1(1), 198-219.

Fatimah, C. E. A. (2015). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wanita Muslim di Wilayah Tanggerang Selatan Berwirausaha. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(2), 223-242.

Hidayat, N. M., & Alhifni, A. (2017). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Menjadi Entrepreneur Syariah”. Jurnal Syarikah, 3(1), 404-418.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Jakarta: Prenadamedia Group

Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Mustafidah, L. (2015). Pendidikan Entrepreneurship dan Minat Berwirausaha Mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2011 Menjadi Entrepreneur. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri

Permatasari, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minar Berwirausaha Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Hidayatullah Jakatra: Jakatra

Rusdiana. (2014). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suryana. (2003). Kewirausahaan. Jakarta: PT Salemba Emban Patria.5]

Setiawan, D. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita Edisi 7, 1-12.

Yuwono, S., & Partini. (2008). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Tumbuhnya Minat Berwirausaha. Jurnal Penelitian

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-28

Terbitan

Bagian

Articles