EDUKASI PENGENDALIAN DIRI PADA ANAK BINAAN MELALUI PEMBELAJARAN PAI

Penulis

  • Muhamad Marco Razsya Fachrazdi Herman Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Affan Zikri Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Cika Auliya Nurrohmah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ade Ratna Putri Rahayu Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Shofiyah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ummah Karimah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Pengendalian diri di LPKA Kelas 1 Tangerang menjadi permasalahan utama, terjadinya permasalahan yang dalam diri pada anak binaan salah satu penyebab nya kurang tertanam nya pengendalian diri atau biasa disebut kontrol diri, pengendalian diri yang banyak di gunakan oleh setiap individu untuk menahan dorongan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain. Diperlukannya penanaman pengendalian diri atau kontrol diri pada anak binaan LPKA Kelas 1 Tangerang melalui metode pelaksanaan yaitu melalui pembelajaran Pendidikan agama islam penyampaian materi mujahadah An nafs atau kontrol diri dalam Islam melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. Juga dihadirkan nya materi Bina baca Alquran (BBQ). Tujuannya agar tertanam nilai control diri pada anak binaan LPKA Kelas 1 Tangerang. Kegiatan yang dijalankan mempunyai hasil yang positif diantaranya Antuasias dan partisipasi aktif dari para anak binaan.Kata kunci: Pengendalian diri, kontrol diri, Islam

Referensi

Abdurrohim. 2011. Pendidikan Islam Postmodernisme Pandangan Inklusif Multikultural M. Amin Abdullah, Yogyakarta: Kopertais Wilayah III.

Antonius. 2012. Pengaruh Kemandirian terhadap Interaksi Sosial pada Remaja, Semarang: Skripsi Universitas Soegijapranata.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016)

Haryanti, Widya, Toto Suryana, Endis Firdaus. 2015. Pembinaan Keagamaan pada Narapidana Anak di Lapas Kelas III B Bandung, .Jurnal Tarbawi, Vol. 2, No. 1, 2015.

Ahmad Amin, Kitab Al Akhlak, Dar Al Kutub, Al Misyriyah, Cairo Diyah Irawati. Anggota Fakultas Studi Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Halimah Abu Razak, AlMadkhuli Ila At-Tarbiyyah, (Makkah: Daar Al-Su‟udiyah, 1418 H)

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 126-129.

Egalia, Y. (2017). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (Cbt) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Jurnal). 03 (2).

Arumsari, C. (2016). Konseling individual dengan teknik modeling simbolis terhadap peningkatan kemampuan kontrol diri. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Suharti, Atiyah. 2018. Model Pembelajaran Emosional Inquiry pada Orang Dewasa di Balai Keagamaan Diklat Keagamaan Bandung, Jurnal PENAMAS: Jurnal Penelitian Keagamaan, Vol.31, No.1, Januari-Juni 2018.

Syafri, B. S., Umari, T., & Yakub, E. (2018). Kecerdasan Emosional dan Kontrol Diri Siswa SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5 (1).

Sentana, M. A., & Kumala, I. D. (2017). Agresivitas dan kontrol diri pada remaja di Banda Aceh. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 51-55.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-28

Terbitan

Bagian

Articles