STRATEGI DIGITALISASI DAN BRANDING PRODUK MELALUI E-KATALOG DAN PACKAGING DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KREATIF DI DESA TRANGSAN

Penulis

  • Ade Kurniawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ahmad Dahlan
  • Angkasa Putra Mandala Guna Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nadia Lestari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Halimah Sadiyah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Sita Karisma Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Evi Nur Latipah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Hanifah Az Zahra Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yenni Yulianti Nur Jannah Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstrak

Desa Trangsan di Kabupaten Sukoharjo memiliki reputasi sebagai pusat kerajinan rotan yang telah memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Namun, pelaku UMKM home industri di desa ini masih menghadapi kendala dalam memanfaatkan teknologi digital untuk branding dan pemasaran produk, terutama adanya keterbatasan pengetahuan teknologi. pengabdian ini memberikan pengetahuan bagaimana digitalisasi, melalui e-katalog dan pengembangan packaging, dalam meningkatkan daya saing UMKM di Desa Trangsan. Kegiatan kkn ini dilakukan Menggunakan metode kualitatif, yang dimana melibatkan observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan 25 pelaku UMKM yang bergerak di sektor jasa, kuliner, dan kerajinan rotan. Penggunaan e-katalog dapat membantu meningkatkan jangkauan pasar dan memudahkan konsumen untuk mengakses informasi produk secara lebih efektif dan efisien.. strategi digitalisasi dan branding melalui e-katalog serta pengembangan packaging dapat memperkuat daya saing UMKM di Desa Trangsan dan mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui pemasaran digital yang lebih efisien. Selama kegiatan KKN MAs berlangsung kami peserta KKN MAs kelompok 11 memberikan pendampingan pada UMKM home industry  sehingga semoga dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM.Kata Kunci: Branding, Desa Trangsan, Digitalisasi, E-Katalog, Ekonomi Kreatif, UMKM

Referensi

C. W. A. P. O. M. L. Rizki Agam Syahputra, “Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis,” Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 521–527, 2023.

A. Jayati, I. H. A. Gofar, Chintya Siska Febrina, and Dwita Razkia, “Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Kerupuk Rambak RW 15 Kelurahan Rejosari,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 5, no. 2, pp. 163–167, 2021, doi: 10.37859/jpumri.v5i2.3108.

K. R. Iryana, “Teknik Pengumpulan Data,” vol. 21, no. 58, pp. 99–104, 1990, [Online]. Available: https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989

Wibisono, D. (2020). Strategi Branding Produk UKM di Tengah Persaingan Pasar Global. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 35(2), 178-190.

Sari, A. P., & Rahmawati, R. (2019). Peran Desain Visual dalam Branding Produk Lokal di Industri Kreatif. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(1), 44-55

Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th Edition). Pearson

Haryanto, T. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Katalog terhadap Peningkatan Penjualan Selama Pandemi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(3), 101-112.

Huang, Z., Benyoucef, M., & Roubaud, D. (2019). E-commerce Recommendations in E-catalogs: The Role of Online Customer Reviews. Electronic Commerce Research and Applications, 34, 100824

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-28

Terbitan

Bagian

Articles