Pendampingan Ikm Dapur Za By di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat
Abstrak
Pandemi Covid-19 saat ini membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaannya karena kondisi perekonomian yang memburuk sehingga masyarakat mencari cara lain untuk memenuhi kebutuhannya, salah satunya dengan membuat usaha rumahan atau Industri Kecil Menengah. Tujuan pendampingan terhadap Industri Kecil Menengah adalah sebagai bentuk dukungan dan partisipasi terhadap masyarakat yang terdampak pandemi ini; Membantu memasarkan produk-produk pada Industri Kecil Menengah khususnya pada Industri “Dapur ZaBy”; Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Metode yang digunakan adalah: Observasi, Survei langsung ke tempat industry Dapur ZaBy; Wawancara pemilik dan dokumentasi produk-produk yang dijual; Membuat poster dan flyer; Membantu memasarkan produk. Tanggapan dari warga sangat positif dan berharap ada kegiatan seperti ini lagi di lingkungan sekitar di kemudian hari. Harapan selanjutnya, Industri Kecil Menengah semakin maju dan semakin mudah dalam memasarkan produknya serta dapat menaikkan keuntungan yang didapat.Kata kunci: Industry kecil menengah, Dapur Za By, produkReferensi
Arasy. (2015). Di Desa Tri Tunggal Kecamatan Babat Lamongan. JProsiding Seminar Nasiona Urnis Bisinis, 64–68.
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara Journal of Business and Enterpreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92
Ridwan, M., Hartutiningsih, & Hatuwe, M. (2014). Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Jurnal Administrative Reform, 2, 187–199.
Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134
##submission.downloads##
Diterbitkan
2021-02-25
Terbitan
Bagian
Articles