Pemanfaatan Media Pembelajaran Ular Tangga dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Penulis

  • Muhammad Aspar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419
  • Imam Mujtaba Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419
  • Mutiarani Mutiarani Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419
  • Safika Aulia Dwi Putri Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi sarana penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif dan efesien. Namun di balik itu menjadi tuntutan besar bagi para dosen/guru untuk mengembangkan kemampuan dalam menguasai teknologi dan media pembelajaran. Peranan media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar sangat penting dilaksanakan oleh para pendidik saat ini, karena peranan media pembelajaran dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pengirim kepada penerima dan melalui media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik untuk menjelaskan sesuatu yang disampaikan oleh pendidik. Oleh karena itu, dosen/guru dituntut untuk menggunakan media di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, melalui media pembelajaran dapat membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan efesien serta terjalin hubungan baik antara guru dengan peserta didik. Selain itu, media dapat berperan untuk meningkatkan semangat belajar siswa.

Biografi Penulis

Muhammad Aspar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Imam Mujtaba, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Mutiarani Mutiarani, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Safika Aulia Dwi Putri, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta,15419

Referensi

Dewi, T. l. (2017). penggunaan media permainan ular tangga pada pembelajaran pips untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembagian wilayah waktu di indonesia. jurnal pena ilmiah, 2(1), 2091.

Tafonao,talizaro.2018.”Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa” dalam jurnal komunikasi pendidikan, Vol.2, No.2.Yogyakarta:STT KADESI.

Abdullah,ramli.2016.”Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran” dalam Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1.Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Karo-karo,Rasyid, Rohani.2018.”Manfaat Media Pembelajaran” dalam jurnal AXIOM, Vol. VII, No. 1.Medan: FITK UIN.

Falahudin,Iwan.2014.”Pemanfaatan Media Pembelajaran” dalam jurnal lingkar widyaiswara, Edisi 1, No.4. Jakarta: Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan (BDK).

Ratnawuri,triani.2016.”Pemanfaatan Media Komik Strip Sebagi Media Pembelajaran” dalam jurnal pendidikan ekonomi UM Metro, Vol.4, No.2.Lampung: Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-25

Terbitan

Bagian

Articles