Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Lutfi Lutfi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419
  • Aida Sumardi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419
  • Farihen Farihen Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419
  • Gina Ilmia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Abstrak

Membaca adalah kegiatan yang bermanfaat bagi semua orang. Pelajaran tentang kehidupan banyak diperoleh dari membaca. Membaca merupakan bagian dari budaya  literasi. Rendahnya minat baca siswa sangat berdampak pada kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia. Saat ini wabah virus Covid-19 semakin meningkat sehingga pemerintah menganjurkan untuk  belajar dari rumah dengan sistem pembelajaran online untuk para siswa, sehingga menjadi sebuah aktivitas yang membutuhkan adaptasi baru. Kegiatan belajar jarak jauh dilakukan dengan menggunakan teknologi seperti smartphone. Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula teknologi informasi. Dengan berkembangnya teknologi, seharusnya dapat memudahkan siswa untuk memperoleh infromasi dan pengetahuan.  Namun, sebagian besar siswa menggunakan smartphone untuk bermain game saja. Padahal, akses internet di lingkungan mereka menetap sangat memadai. Melalui kegiatan sosialisasi dan pendampingan kegiatan membaca menggunakan platform literacycloud.org, dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa ditandai dengan antusias dan semangat mereka pada ssat kegiatan dilaksanakan.

Biografi Penulis

Lutfi Lutfi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Aida Sumardi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Farihen Farihen, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Gina Ilmia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireunde, Ciputat Timur, Tangsel, 15419

Referensi

Irianto, P. O., & Febrianto, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (pp. 640-647). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Retrivied from jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/download/1282/989

Marfu`i, L. N. R. (2016). Upaya pendukung pembelajaran literasi dengan mengasah kemampuan berfikir kritis melalui teknik bibliolearnig pada siswa. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(2), 1-18. Retrivied from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/476

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarja. Universitas PGRI Palembang. Retrivied from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2750/2550+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id

Novari, A. F., Ardini, F. M., Rostiana, H., Meliyawati., Widiatmoko, M., Rohimajaya, N. A., Gumelar, R. E., & Sauri, S. (2020). Optimalisasi minat baca anak Desa Medalsari di masa pandemi melalui storytelling. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 646-655. Retrivied from http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/599

Kurniawan. (2015). Pelaksanaan program motor keliling TBM Mata Aksara di desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa PLS Vol. 5, 320 No. 8, hal. 321. Retrivied from https://core.ac.uk/display/78034012

Imran, I., Aswar, K., Pratiwi, N., Aynul, N., & Syafril, S. A. (2017). Budaya Literasi Melalui Program Gls Dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Siswa SD Negeri Melayu. Pena: Jurnal Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Unismuh, 4(1), 701-711. Retrivied from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pena/article/view/1373

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatakan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25. Retrivied from http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194

Haleluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. PENDAIS Volume I Nomor 1 2019. UIN Maulana Hasanuddin Banten. Retrivied from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/218

Elianda, Magdalena. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. JPdK Volume 1 Nomor 2 Tahun 2020 Halaman 63-68. Universitas Kristen Satya Wacana. Retrivied from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/572

Herdiana, D., Heriyana, R., Suhaerawan, R., (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2019, Vol. 4 No. 4, Page: 431-442. Retrivied from http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/208

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-25

Terbitan

Bagian

Articles