Persiapan Pelatihan Dongeng Secara Kreatif untuk Pengabdian Masyarakat di Masa Pandemi Covid 19

Penulis

  • Happy Indira Dewi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulfitria Zulfitria Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sriyanti Rahmatunnissa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Kegiatan pengmas ini ada 2 (dua) tahap kegiatan yaitu, pertama, antara Abdimas dan mitra pengmas  yaitu TK Hiama Kids yang berlokasi di Vila Nusa Indah Gunung Putri-Bogor, kegiatannya adalah persiapan pelatihan mendongeng untuk guru TK se Kecamatan Gunung Sindur Bogor. Kedua, antara Abdimas dan mitra (TK Hiama Kids) dan guru TK se Kecamatan Gunung Sindur Bogor, kegiatannya pelatihan  mendongeng. Tulisan ini menuliskan tahap kegiatan yang pertama yaitu persiapan pelatihan mendongeng. Analisis situasi permasalahan mitra, TK Hiama Kids, membantu proses persiapan pelatihan bersama Abdimas FIP UMJ, sekaligus juga mengikuti pelatihan mendongeng bersama TK di wilayah Kecamatan Gunung Putri Bogor. Pengamatan awal Abdimas di lapangan menemukan sebagian besar guru-guru TK Hiama Kids dan TK di sekitar Gunung Putri Bogor, telah menggunakan dongeng dalam pembelajaran, namun metode mendongeng yang digunakan konvensional, yaitu penguasaan teknik terbatas hanya dengan cara lisan dan membaca buku. Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapakan pelatihan di masa pandemic Corona, Abdimas akan memberikan petunjuk dan langkah-langkah untuk mempersiapkan kegiatan pelatihan secara kreatif kepada guru. Metode pelatihan persiapan pelaksanaan pengmas di  secara daring dilakukan dalam 10 langkah.  Hasil dari kegiatan adalah TK Hiama Kids dapat secara kreatif melakukan 10 (sepuluh) langkah persiapan pelatihan mendongeng untuk guru TK se Kecamatan Gunung Sindur Bogor. Iptek, solusi permasalahan dan hasil pengabdian kepada masyarakat yang diberikan kepada mitra TK Hiama Kids adalah, memberikan pelatihan 10 langkah untuk mempersiapkan pelatihan mendongeng, dan mengkader sebagai TK Hiama Kids sebagai TK penggerak untuk keberlanjutan pelatihan mendongeng secara kreatif untuk guru-guru TK di kecamatan Gunung Sindur Bogor.

Referensi

Adisaputera, A., Lubis, F., & Hutagalung, T. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Dongeng Bagi Guru TK Aisyiyah 01 Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25 (4), 223-226. Retrived form http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/15119

Afiatin, T., & Andayani, B. (2016). Pelatihan Keterampilan Mendongeng untuk Keluarga Nelayan. Indonesian Journal of Community Engagement, 2 (1), 53-65. Retrived from https://doi.org/10.22146/jpkm.22217

Daerah Paling Kaya Dengan Cerita Rakyat. Diunduh 5 September, dari Danang Nur Ihsan. Website (https://Jeda.Id/Real/Daerah-Paling-Kaya-Dengan-Cerita-Rakyat-764)

(Senirupa.2017.https://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa.2 Juni 2017).

Polina, L., & Puri Pramudiani, P. (2018). Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I Dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal Solma, 7(2), 215-224. Retrived form http://dx.doi.org/10.29405/solma.v7i2.1665

Riset Mandiri Tirto: 77,6 Persen Responden Suka Mendongeng, Anda Bagaimana?. Diunduh 5 September 2020, dari Scholastica Gerintya.

website: (https://tirto.id/776-persen-responden-suka-mendongeng-anda-bagaimana-dai2)

Setiana, L,N., Turahmat., Chamalah, E., Azizah, A., & W, O, P. (2019). Pembudayaan Mendongeng Islami Berbantu Media Boneka Jari Pada Masyarakat (Pokdawis) Desa Rowosari. Jurnal Senadimas Unisri, 214-217. Retrived form http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3250

Sousa, D.A. (2012). Bagaimana Otak Belajar, terjemahan Siti Mahyuni. Jakarta: PT.Indeks, h. 253

Sulastri, N.M., Maharani, J.F., & & Sarilah. (2020). Mendongeng Bersama Anak Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat, 1(1), 34-38. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jpu

Zulfitria., Clara, D., (2018). Implementasi Metode Mendongeng Mengembangkan Potensi Siswa SD. Jurnal Holistika FIP UMJ, 2(2), 130-139. Retrieved from jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika

Susanti, D., & Saaduddin. (2018). Menjadikan Puisi Dan Dongeng Sebagai Salah Satu Media Pendidikan Karakter Siswa Di SDN 08 Ganting Padangpanjang, Jurnal Abdimas Mandiri 2(2), 84-92. Retrieved from http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/user/register

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-25

Terbitan

Bagian

Articles