Pengawasan Orang Tua dalam Aplikasi Family Link Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak di Lingkungan Jalan Abdul Lahap Rt 06/06 Sawangan

Penulis

  • Galang Pakarti Mahardika Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nidar Yusuf Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rafli Maulana Zidane Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Pengenalan teknologi/gedget pada anak tidak salah, akan tetapi diharapkan peran orang tua untuk turut serta mengawasi penggunakan gadget pada anak. Penggunaan gadget tanpa pengawasan memberikan beberapa dampak negatif terhadap interaksi sosial seperti mereka lebih nyaman menggunakan gadget daripada berinteraksi atau bermain dengan teman sebayanya. Namun terdapat juga pengaruh positif pengenalan gadget pada anak seperti dapat mengasah kemampuan kognitif, belajar tanggap teknologi dan berfikir lebih kreatif. Pengenalan teknologi/gadget pada anak tidak salah, akan tetapi diharapkan peran orang tua untuk turut serta mengawasi penggunakan gadget pada anak. Berdasarkan survey yang dilakukan di Jalan Abdul Lahab Rt006/006 Sawangan, 90% mengatakan bahwa para ibu tidak mengetahui atau tidak  paham mengenai aplikasi parenting control yang dapat diinstal di gadget untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini para ibu dapat melakukan pengawasan terhadap gadget yang digunakan anak melalui salah satu aplikasi parenting control Google “Family Link” yang terdiri dari 2 versi untuk orang tua dan anak dan dapat diunduh secara gratis di play store. Dengan pengabdian ini Orang tua tidak membiarkan begitu saja anak menggunakan gadget tanpa pengawasan karena bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun psikis

Biografi Penulis

Galang Pakarti Mahardika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nidar Yusuf, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Khaerunnisa Khaerunnisa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rafli Maulana Zidane, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B. M. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2),204–209.

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 05(03), 182–186. https://doi.org/10.1016/j.jns.2003.09.014

Rosyid Ridho, Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(02), 59–69.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 1(1), 9– 20.

Nithy, T. (2015). Survey Tentang Smartphone & Tablet. Retrieved from https://id.theasianparent.com. website: https://id.theasianparent.com. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13280Masyarakat,2(2),204–209. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13280

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-07

Terbitan

Bagian

Articles