Penerapan Lean Manufacturing Untuk Meminimalkan Waste Dengan Menggunakan Metode VSM Dan WAM Pada PT XYZ

irwan Setiawan, Arif Rahman

Abstract


PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur kimia yang memproduksi tinta cetak diantaranya tinta cetak offset, tinta cetak gravure, dan news ink. Meningkatnya permintaan konsumen sehingga perusahaan perlu menyeimbangkan waktu, tenaga kerja, serta stasiun kerja yang efisien dengan mengeliminasi berbagai pemborosan yang terjadi agar dapat mengetahui kebutuhan konsumen secara optimal dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Dalam memenuhi dan kepuasan konsumen perusahaan belum mampu mengatasi permasalahan yang ada yaitu tidak tercapainya permintaan pelanggan setiap bulannya dan sistem produksi yang berjalan tidak sesuai dengan prosedur. Oleh sebab itu tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab pemborosan pada PT XYZ sehingga sulitnya memenuhi target yang ditetapkan secara tepat waktu dikarenakan adanya aktivitas yang tidak bernilai tambah dengan pendekatan lean manufacturing, untuk meminimalkan  tingkat pemborosan dan meningkatkan efisiensi pada proses pembuatan tinta cetak offset pada proses produksi menggunakan metode Value Stream Mapping (VSM), serta untuk mengetahui pemborosan dan menganalisis penyebab waste terbesar saat proses produksi pembuatan tinta cetak offset menggunakan pembobotan Waste Relationship Matrix (WRM) dan Waste Assesment Questionnaire (WAQ) dan analisis menggunakan fishbone dan 5W + 1H. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan hasil WRM sebesar 19,49%.  Pembobotan WAQ sebesar defect 16,49%, transportation 16,36%, dan process 14,82%. Tahap terakhir analisis akar penyebab waste menggunakan diagram sebab akibat (fishbone) dan 5W+1H. Sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk meminimasi waste yang teridentifikasi yaitu memberikan pemahaman product knowledge kepada para karyawan, menambah jumlah material handling (forklift), serta membuat rak kerja pada area produksi untuk memudahkan operator untuk mencari alat kerja.


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, Agus Sutanto, dan Berry Yuliandra. (2018). Aplikasi Konsep Produksi Ramping untuk Memperbaiki Efisiensi Pengolahan Minyak Kelapa Sawit. Jurnal Energi dan Manufactur, 11(2), 36-41.

Andri. (2018). Penerapan Lean Manufacturimg Dengan Metode VSM (Value Stream Mapping) Untuk Mengurangi Waste Pada Proses Produksi PT. XYZ. 11(4), 303-309.

Ashri Indriati, Dadang D Hidayat, Doddy A Darmajana, dan Indra Masrin. (2019). Perbaikan Aliran Proses Produksi Cokelat BAR Dengan Metode Value Stream Mapping.

Erni Krisnaningsih, Saleh Dwiyatno, dan Rolanf Sasongko. (2020). Usulan Penentuan Waktu Baku Pada Operator Packing Folding Kain Tetoron Rayon Dengan Metode Stopwatch. Jurnal InTent, 3(2), 67-81.

Fenny Joyanti Amanda, dan Carla Olyvia Doaly. (2017). Usulan Penerapan Lean Manufacturing Untuk Mengidentifikasi Dan Mengurangi Waste (Studi Kasus Pada PT.X). Jurnal Teknik Industri, 7(3), 151-169

Ginting, R. (2007). Sistem Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

H. Rusmawan. (2020). Perancangan Lean Manufacturing Dengan Metode Value Steam Mapping (VSM) di PT Tjokro Bersaudara (PRIOK). Jurnal Teknik Optimasi Teknik Industri, 2(1), 30-35.

Hadiguna, R. (2008). Tata Letak Pabrik. Yogyakarta : Andi.

Iphov K. Sriwana, dan Kurniawan. (2019). Usulan Peningkatan Efisiensi Keseimbangan Lini Dengan Value Stream Mapping Dan Yamazumi Chart Pada PT.PAI. Jurnal Metris, 33-44.

Kartika Lestari, dan Dony Susandi. (2018). Penerapan Lean Manufacturing untuk mengidentifikasi waste pada proses produksi kain knitting di lantai produksi PT. XYZ. 567-575.

Meldia Fitri, Tri Ernita, dan Faridatul Azizah. (2018). Pendekatan Lean Manufacturing Untuk Mengurangi Waste Pada Lantai Produksi Crumb Rubber di PT Djambi Waras Jujuha. Jurnal Saintek, 2(1), 1-9.

Melfa Yola, Fitra Wahyudi, dan Misra Hartati. (2017). Value Stream Mapping untuk Mereduksi Waste Dominan dan Meningkatkan Produktivitas Produksi di Industri Kayu. Jurnal Teknik Industri, 3(2), 112-118.

Muhammad Anugrah, Emsosfi Zaini, dan Rispianda. (2016). Usulan Pengurangan Waste Proses Produksi Menggunakan Waste Assesment Model dan Value Stream Mapping di PT X. Jurnal Teknik Industri Itenas, 4(1), 110-120.

Noor, J. (2015). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta : Gramedia.

Shanty Kusuma Dewi. (2018). Analisi Waste Pada Proses Produksi Dengan Lean Production. Jurnal SENTRA, 100-105.

Shinta Bellina, dan Yusuf Widharto. (2019). Analisis Waktu Baku Dan Jumlah Pekerja Berdasarkan Beban Kerja Pada PT XYZ Bagian Packing. Jurnal CIEHIS, 18-24.

Suharjo, dan Susanto. (2018). Pengurangan Pemborosan Pada Proses Produksi Dengan Menggunakan WRM, WAQ, Dan VALSAT Pada Sistem Lean Manufacturing. Jurnal Ilmiah TEKNOBIZ, 8(2), 61-68.

Trismi Ristyowati, Ahmad Muhsin, dan Putri Puji Nurani. (2017). Minimasi Waste Pada Aktivitas Proses Produksi Dengan Konsep Lean Manufacturing (Studi Kasus di PT Sport Glove Indoesia). Jurnal Otimasi Sistem Industri, 10(1), 85-95.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Depok : Rajagrafindo Persada.

Yassyir Maulana. (2019). Identifikasi Waste Dengan Menggunakan Metode Value Stream Mapping Pada Industri peremuhan. Jurnal JIEOM, 2(2), 12-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ