Peran Profitabilitas Memediasi Pengaruh GCG, Leverage dan Firm Size pada Harga Saham Bank Konvensional di Indonesia

Rifzaldi Nasri, Nuraeni Nuraeni, Dina Febriani Febriani Darmansyah

Abstract


Sebagai lembaga keuangan, perbankan merupakan salah satu lembaga yang dibutuhkan masyarakat sebagai pendukung kegiatan ekonomi. sebab lembaga keuangan  perbankan mempunyai posisi yang strategis untuk menggerakkan roda perekonomian suatu negara, apabila terjadi masalah kinerja pada perbankan akan berdampak langsung pada kondisi ekonomi Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Profitabilitas memediasi pengaruh GCG, Leverage dan Firm Siza pada harga Saham bank konvensional di Indonesia. Variabel independen dari penelitian ini adalah, Gooid Corporate Governance (GCG), Firm Size, dan leverage, sedangkan Profitabilitas sebagai variabel mediasi  di ukur dengan rasio Return On Asset  dan variabel y adalah harga saham bank konvensional. Metode Desain / Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal komparatif. penelitian kausal komparatif (causal comparative research) yang disebut juga penelitian ex post facto. Analisis data menggunakan PLS yaitu teknik statistik yang bersifat memprediksi  model. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung  GCG, ,  Firm size serta ROA positif signifikan pada  harga saham  bank di Bursa. Sedangkan leverage berpengaruh langsung negatif signifikan terhadap harga saham bank. Begitupun GCG, Firm Size berpengaruh positif dan signifikan pada ROA, namun Leverage berpengaruh negatif dan signifikan pada ROA. ROA berperan dalam memediasi pengaruh GCG, Firm Size, dan Leverage pada Harga Saham Bank konvensional di Indonesia. Sehingga ROA merupakan variabel yang Full Mediating.


Full Text:

PDF

References


Agustin, v. (2013). Pengaruh Good Corporate Governancedan Leverageterhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Alfi Churniawati, K. H. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage dan Firm Size Terhadap Kinerja Keuangan. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, 10.

Al-Smadi, M. O.-W. (2011). The Impact Of E-Banking On The Performance Of Jordanian Banks. Journal of Internet Banking and Commerce, 16 (2).

Andra Zeptian, A. R. (2013 ). Analisis Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, dan Ukuran Perusahaan, Terhadap Manajemen Laba pada Perbankan. Diponegoro Journal Of Accounting Volume 2, Nomor 4, Halaman 1-11.

Angella. (2019). Pengaruh Penggunaan Internet Banking. Universitas Sumatera Utara.

Aprianingsih, A. (2016). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan . Jurnal Profita Edisi 4.

Astria, T. (2011). Analisis Pengaruh Audit Tenure, Struktur Corporate Governance, dan Ukuran KAP Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Bambang, R. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Bayu, K. (2010). Good Governance Sebagai Suatu Konsep dan Mengapa Penting Dalam Sektor Publik Dan Swasta (Suatu Pendekatan Ekonomi Kelembagaan). Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 19, No. 1.

Brigham F. Eugene, H. J. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan: Assetials Of Financial Management. Jakarta: Salemba Empat.

Darmawi, H. (2011). Pasar Financial dan Lembaga-Lembaga Financial. Jakarta: Bumi Aksara.

Elizar Sinambela, R. (2017). Pengaruh Penyediaan Layanan Internet Banking Terhadap Kinerja. Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia (FKBI) 6, 90.

Fabiola, T. (2015). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan pada Industri Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Stie Perbanas Surabaya.

Fahmi, I. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Lampulo: Alfabeta buku.

Fahmi, I. (2012). Pengantar Manajemen Keuangan Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivarianate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gita Andriani Tisna, S. A. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2010-2014). https://ejournal.upi.edu/.

Gozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Undip.

Harahap, S. S. (2001). Analitis Kritiss Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hardikasari. (2011). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan. Majalan Ilmiah Informatika. Vol. 1. No. 2.

Hastuti, R. K. (2020, January 16). www.cnbcindonesia.com. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/market/20191110134023-17-114069/transaksi-tinggal-18-bagaimana-nasib-kantor-cabang-bca

Hidayat, S. E. (n.d.). Pengaruh Analisis Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Listing di BEI Tahun 2010-2012). Jurnal Universitas Brawijaya.

https://www.ojk.go.id/. (n.d.). https://www.ojk.go.id/Pages/PageNotFoundError.aspx?requestUrl=http://www.ojk.go.id/Files/regulasi/perbankan/pbi/2006/pbi_080406.pdf/.

Iqbal, B. (2012). pengaruh good corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia BEI 2010). Diponegoro journal of accounting.

Irham, F. (2015). Analisis Laporan Keuangan Cetakan ke V. Bandung: CV. Alfabeta.

Kamaludin, R. I. (2012). Manajemen Keuangan , Konsep Dasar dan Penerapannya Edisi revisi. Bandung: CV. Mandar Maju.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ludijanto, S. E. (2014). Pengaruh Analisis Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Listing di BEI Tahun 2010-2012). Jurnal Universitas Brawijaya Malang.

Mumtazatur Rahmatin, I. N. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2.

Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Nizamullah, D. &. (2014). Pengaruh Penerapan Good Corporate Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012). Jurnal Akuntansi ISSN 2302-0164, 42-53.

Pranjoto, G. H. (2013). Analisis Leverage ( Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Yang Melakukan Akuisisi ). Jurnal NeO-Bis 7(1).

Prasinta, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Accounting Analysis Journal.

Prawoto, R. E. (2013). Pengaruh Internet Banking Terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia (Studi Empiris Pada Bank yang Listing di BEI). Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol. XI No. 22.

Rahmah, Y. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Internet Banking dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking Terhadap Cyber Crime di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rivai V, D. M. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. PT Rajagrafindo Persada.

Santoso, A. B. (2018). Tutorial & Solusi Pengolahan Data Regresi. Ambon: Catatan Budi.

Sartono, A. R. ( 2010). Manajemen keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Sidik, S. (2019, 11 10). www.cnbcindonesia.com. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/market/20191110134023-17-114069/transaksi-tinggal-18-bagaimana-nasib-kantor-cabang-bca

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D 2017). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. V. (2017). Manajemen Keuangan, Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutedi, A. (2011). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Sutedi, A. (2012). Good Corporate Governance (2nd ed.). Jakarta: Grafika Sinar.

Talitha Ulima Sofiana, I. S. (2014 ). Analisis Pengaruh Internet Banking terhadap Kinerja Bank di Indonesia dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) dan Principal Component Analysis (PCA).

Tampubolon, M. P. (2013). Manajemen Keuangan (Finance Managemen). Mitra Wacana Media.

Utari, D. P. (2014). Manajemen Keuangan: Edisi Revisi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

wantera, N. L. (2015). Pengaruh penerapan good corporate governance, DPK, CAR, dan NPL terhadap profitabilitas bank. E Journal Akuntansi Universitas Udayana, 1-18.

Wijayati, S. (2012). Pengaruh Penerapan Corporate Gorvernance terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan PerBankkan yang terdaftar di BEI. Jurnal ekonomi, vol.1, 1-15.

Wilopo, D. T. (2011). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Profitabilitas Dan Kinerja Saham Perusahaan Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Business and Banking Volume 1, No. 1, 1 – 14.

Yohani, S. M. (2019). Pengaruh Internet Banking Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2015 – 2018). jurnal.stiemuhpekalongan, 38.

Yusniani. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Konsume pada Bank Swasta. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol.2 No.1.

Yusra I, H. R. (2017). . Likuiditas , financial leverage , dan prediktabilitas beta:pendekatan Fowler and Rorke sebagai metode koreksi Beta. Jurnal Benefita, 2(1), 81–91.

Yusuf, D. &. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan.

Zakaria, A. (2012). Pengaruh Penerapan Internet Banking terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia. FE UI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ