Formulasi Kebijakan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Indonesia

Abdul Rahman, Winda Astuti Zebua, evi Satispi, Andrean Alan Kusuma

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya berbagai tantangan dalam pengembangan dan upaya memajukan Sekolah Menengah Kejuruan yang meliputi: masih tingginya angka pengangguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan, dan integrasi yang belum menyeluruh antara Sekolah Menengah Kejuruan dengan dunia industri/dunia kerja seperti: pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, sampai dengan pemasaran lulusan. Obyektif penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis formulasi kebijakan program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sementara pengumpulan data dilakukan melalui observasi digital, dan dokumentasi dari berbagai sumber yang relevan dengan kebijakan program SMK PK. Hasil penelitian menemukan bahwa formulasi kebijakan program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan secara umum sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa catatan rekomendasi untuk bahan perbaikan kebijakan program SMK PK yang meliputi: peningkatan sebaran sekolah pelaksana program SMK PK yang merata di seluruh Indonesia (tidak terpusat di sekolah yang ada di Pulau Jawa), pertimbangan pemilihan sekolah peserta SMK PK yang guru-guru produktifnya masih kurang, peningkatan kesiapan pelaksanaan program melalui  pendampingan yang intensif, dan pengembangan kurikulum pendidikan SMK.


Full Text:

PDF

References


Amin, M. M. (2017). Strategi implementasi Revitalisasi SMK: 10 langkah Revitalisasi SMK.

Badan Pusat Statistik. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2019-2021. https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

Bappenas. (2019). Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur. https://www.bappenas.go.id/files/Visi Indonesia 2045/Ringkasan Eksekutif Visi Indonesia 2045_Final.pdf

Barberá, P., Casas, A., Nagler, J., Egan, P. J., Bonneau, R., Jost, J. T., & Tucker, J. A. (2019). Who leads? Who follows? Measuring issue attention and agenda setting by legislators and the mass public using social media data. American Political Science Review, 113(4), 883–901.

Beritasatu.com. (2021, March 17). P2G: SMK Pusat Keunggulan Belum Sentuh Persoalan Fundamental. https://www.beritasatu.com/archive/747225/p2g-smk-pusat-keunggulan-belum-sentuh-persoalan-fundamental

Billett, S. (2014). The standing of vocational education: Sources of its societal esteem and implications for its enactment. Journal of Vocational Education & Training, 66(1), 1–21.

Cahyanti, S. D., & Indriayu, M. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2).

Cnnindonesia.com. (2021, March 24). Program SMK Pusat Unggulan Nadiem Dikritik Tak Jawab Masalah. 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210323151610-20-621040/program-smk-pusat-unggulan-nadiem-dikritik-tak-jawab-masalah

Firman, F., & Fathurrahman, F. (2021). Pendampingan SMK Pusat Keunggulan Ekonomi Kreatif SMKS YAPIS Timika Papua Program Unggulan Teknik Komputer Jaringan. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38–42.

Groenland, E., & Dana, L.-P. (2020). Qualitative methodologies and data collection methods: Toward increased rigour in management research. World Scientific.

Indikator. (2021). Survei Penguatan Pendidikan Vokasi.

Irwanto, I. (2021). Link and Match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri Di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 549–562.

Jawapos.com. (2021, March 19). SMK Pusat Keunggulan Disebut Tak Selesaikan Masalah Pendidikan Vokasi. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/19/03/2021/smk-pusat-keunggulan-disebut-tak-selesaikan-masalah-pendidikan-vokasi/

Kebudayaan, K. P. (2020). Rencana strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024.

Kemdikbud RI. (2021, March 17). Merdeka Belajar Episode 8: Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. https://www.youtube.com/watch?v=8EoLVdaaMrQ

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17/M/2021 tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, (2021). www.kemdikbud.go.id

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 165 Tahun 2021 tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, (2021).

L. Haven, T., & van Grootel, D. L. (2019). Preregistering qualitative research. Accountability in Research, 26(3), 229–244.

Langer, A. I., & Gruber, J. B. (2021). Political agenda setting in the hybrid media system: Why legacy media still matter a great deal. The International

Journal of Press/Politics, 26(2), 313–340.

Maulina, M. M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1).

McNabb, D. E. (2017). Research methods in public administration and nonprofit management. Routledge.

Mohajan, H. K. (2018). Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23–48.

Pendidikan, K. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.

Pracihara, B. (2017). Instruksi Presiden No 9 tahun 2016 (Revitalisasi SMK) memacu SMK bidang seni dan industri kreatif dalam pengembangan ekonomi kreatif. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2017, 313–319.

Pudyastuti, E., Ginting, R. S., & Ginting, M. (2022). Sosialisasi Program SMK Pusat Keunggulan pada SMK Immanuel. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Putranto, I. (2017). Pengembangan model kerja sama link and match untuk meningkatkan kesiapan kerja bagi lulusan smk kompetensi keahlian akuntansi di Kota Semarang. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(1), 68–83.

Rahman, A., Zebua, W. D. A., Satispi, E., & Kusuma, A. A. (2021). Policy Formulation in Integrating Vocational Education Graduates with the Labor Market in Indonesia. Jurnal Studi Pemerintahan, 12(3), 331–371.

Schwab, K. (2019). The Global Competitiveness Report. World Economic Forum. http://www3.weforum.org/docs/WEF_TheGlobalCompetitivenessReport2019.pdf

Sujadi, I., Kusuma Wardani, D., Rahmawati, A., & Maryono, D. (2017). Pola kebijakan pengembangan guru produktif berdasarkan inpres nomor 9 tahun 2016. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Williams, C. B., Fedorowicz, J., Kavanaugh, A., Mentzer, K., Thatcher, J. B., & Xu, J. (2018). Leveraging social media to achieve a community policing agenda. Government Information Quarterly, 35(2), 210–222.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ