PERAN BERORGANISASI SEBAGAI FAKTOR PROTEKTIF TERHADAP TERJADINYA STRESS PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Istianah Surury, Lintang A. Putri, Gina S. N. Hamida, Nastiti Dyah Prastiwi

Abstract


Stress adalah reaksi seseorang pada situasi dan kondisi yang menekan secara fisik maupun emosional jika ada perubahan yang membuat seseorang harus menyesuaikan diri dari lingkungan. Pada masa pandemi ini mahasiswa dipaksa untuk melakukan kuliah dirumah atau melalui daring. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat stress mahasiswa seperti usia, jenis kelamin, organisasi, IPK, beban kuliah, dan lingkungan pada saat pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran berorganisasi sebagai faktor protektif terhadap terjadinya stress pada mahasiswa selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan desain studi cross sectional.Perhitungan sampel dengan rumus uji beda dua proporsi, diperoleh jumlah sampel minimal yaitu sebesar 116 responden.  Teknik pengambilan sampel menggunakan Two Stage Cluster Samplinglalu penentuan sampel menggunakan Probability Sampling with Quota. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi stress dan Tes DASS melalui google form. Data diolah dengan SPSS dan dilakukan uji analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Penelitian dilakukan pada faktor usia, jenis kelamin, organisasi, IPK, beban kuliah, dan lingkungan.Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara organisasi dengan tingkat kejadian stress pada mahasiswa(p=0,010), dan tidak ada hubungan pada jenis kelamin (p = 0,569), usia (p = 1,000), IPK (p = 0,674), beban kuliah (p = 0,973), dan lingkungan (p = 0,152).

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Amiruddin. (2017). Analisis Faktor - Faktor Penyebab Tingkat Kejadian Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Angkatan 2015. Skripsi, 1–114.

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641

Dianata, A. D. P. P. (2012). PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK ANTARA MAHASISWA YANG AKTIF DENGAN YANG TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI LEMBAGA KEMAHASISWAAN DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA.

Kemenkes. (2020). Apa Itu Stress? http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/apakah-stres-itu

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/1 Desember 2013

Kementerian Keuangan. (2012). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO 12 TAHUN 2012. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2012/12TAHUN2012UU.htm

Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. 3(2), 203–208.

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17–30.

Mental Health Foundation. (2018). Stress: Are We Coping?

Nisrina, G. E. (2016). Perbedaan Strategi Coping Stres pada Mahasiswa Organisasi dan Non Organisasi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi, 48–66. http://etheses.uin-malang.ac.id/3649/1/12410048.pdf

Purwati, S. (2012). Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Ui, 5, 98.

Putri, R. M., Oktaviani, A. D., Setya, A., Utami, F., Addiina, A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta The Relationship of Distance Learning and Somatoform Disorders with Stress Levels of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Students. 2(1), 38–45.

Sari, N. (2015). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dengan Stres Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, 63.

Sukarno, B. (2018). HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN MINAT BERORGANISASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Isbn, 4(1), 121–138. https://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%7B%5C%25%7D0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%7B%5C%25%7D0Ahttp://www.who.int/about/licensing/

Sutjiato, M., & Tucunan, G. D. K. a a T. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu, 5(1), 30–42.

Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi DIII Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. The Soedirman Journal of Nursing), 9(3), 173–189. http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/viewFile/612/337

Theresia, S., Husaini, A., & Pratama, Y. D. (2017). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Dalam Mengikuti Sistem Pembelajaran Blok. SAINTEK: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi Industri, 1(1), 44–60.

Wahyudi, R., Nazriati, E, Bebasari, E., Pathmanathan, Vilaseeni V, dr. M. H. S. K., & et al. Marbun, Agnes Putri. (2017). Faktor- faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Program Transfer Keperawatan yang Sedang Menyusun Skripsi. Researchgate, 1(1), 446–459. https://www.researchgate.net/publication/323107663%7B%5C_%7DGambaran%7B%5C_%7DTingkat%7B%5C_%7DStres%7B%5C_%7Dpada%7B%5C_%7DMahasiswa%7B%5C_%7DFakultas%7B%5C_%7DKedokteran%7B%5C_%7DUniversitas%7B%5C_%7DRiau%7B%5C_%7DTahun%7B%5C_%7DPertama

WHO. (2017). Depression and Other Common Mental Disorders Global Health Estimates.

Wijaya, P. N., Pamungkas, N. A. M., & Pramesta, D. K. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi Dan School From Home. 2–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ