PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PROGRAM PENGEMBANGAN GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Herman Herman, Jusuf Mudzakir, Rusjdy Sjakyakirti Arifin

Abstract


Penelitian ini menyelidiki pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan program pengembangan guru terhadap kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di Raudatul Athfal Mumtaza Islamic School Tangerang Selatan. Ada 25 guru yang diambil sebagai sampel dari seluruh populasi guru Raudhatul Athfal Mumtaza Islamic School Tangerang Selatan. Tiga variabel diuji dalam penelitian ini dituangkan kedalam kuesioner berbentuk skala perilaku. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linear dengan membandingkan nilai signifikansi (Sig.), nilai t hitung dan nilai F hitung. Pengolahan data X1 menunjukkan hasil Sig untuk sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung untuk X1 sebesar 4,633 > t tabel 2,073. Dengan demikian hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Raudhatul Aathfal Mumtaza Islamic School Kota Tangerang Selatan. Begitu pula nilai Sig untuk X2 sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,493 > t tabel 2,073. Dengan demikian hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh Program Pengembangan Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru RA Mumtaza Islamic School Tangerang Selatan. Secara simultan hasil analisis Kompetensi Manajerial Kepala RA dan Program Pengembangan Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru RA Mumtaza Islamic School Kota Tangerang Selatan, mengasilkan nilai Sig F sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai F hitung 16,872 > F tabel 3,44 yang menunjukan hipotesis diterima. Artinya Kompetensi Manajerial Kepala RA (X1) dan Program Pengembangan Guru (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru RA Mumtaza Islamic School Kota Tangerang Selatan (Y)

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. dan Rasyad, Aminuddin. Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka, 1997.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (2014). Pedoman Penilaian Kesesuaian-Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi. Jakarta: BNSP.

Dirjen Dikdasmen, Manajemen Mutu Pendidikan, Jakarta: 2013

Djamarah, SB. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif; Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005

Hartiningsih, L. Purnomo, & Elmunsyah, H., (2016) Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Seminar Nasional Pendidikan (SNP) I 2016, 79-88, Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7273/artikel%208.pdf?sequence=1

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Republik Indonesia (2003), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Retrieved from HTTPS://jdih.setkab.go.id/puudoc/7308/uu0202003.htm

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Retrieved from https://p3gtk.kemdikbud.go.id/read-news/undangundang-republik-indonesia-nomor-14-tahun-2005-tentang-guru-dan-dosen

Sardirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: CV. Rajawali, 1986.

Sarimaya, Farida. Sertifikasi Guru; Apa, Mengapa dan Bagaimana?, Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Shambuan, Republika, 25 November 1997

Sopiah, S. & Herman, M. (2018). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru, Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2(2), 284-291, Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1925/1543

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Hal. 10-12. Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ