Pengembangan Model Bisnis Indoor Plant Rental Service untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha Tanaman Hias
Abstract
Kondisi pasca Covid 19 telah mendorong pelaku usaha untuk melakukan pelebaran pada usaha penyewaan tanaman hias, salah satunya dilakukan pedagang Taman Anggrek Ragunan. Dalam menghadapi perubahan lingkungan eksternal maupun internal usaha ini membutuhkan pemetaan model bisnis yang dapat memberikan terobosan inovasi untuk pengembangan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi model bisnis Taman Anggrek Ragunan dengan pendekatan Business Model Canvas, mengidentifikasi lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi model bisnis Taman Anggrek Ragunan, dan membangun ulang model bisnis dengan memperhatikan kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman yang dihadapi Taman Anggrek Ragunan. Penelitian menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan Business Model Canvas dan SWOT analysis. Periode waktu kajian adalah Juni – September 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pedagang dan pengelola Taman Anggrek Ragunan. Hasil penelitian ini adalah penciptaan nilai baru yang mempengaruhi tujuh elemen model bisnis Canvas yaitu perluasan jaringan untuk meningkatkan segmen konsumen, pemanfaatan saluran pemasaran live fitur di e-commerce, perbaikan hubungan dengan pelanggan secara reguler dan live, pengadaan pelatihan, briefing, dan evaluasi reguler untuk peningkatan kapasitas tenaga kerja sebagai salah satu sumberdaya kunci, serta penambahan aktifitas kunci berupa intensifikasi pemasaran live di e-commerce. Perbaikan pada elemen tersebut akan memberikan perubahan pada sktruktur biaya berupa peningkatan biaya pelatihan dan peningkatan potensi aliran pendapatan melalui live shopping. Disimpulkan bahwa perbaikan elemen model bisnis diperlukan dalam meningkatkan daya saing Taman Anggrek Ragunan.
Full Text:
PDFReferences
Andryana, T. S., Daryanto, H. K., & Maulana, A. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Hias PT Monfori Nusantara dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 47–58. https://doi.org/10.17358/jabm.5.1.47
Asnahwati. (2021). Prospek Bisnis Tanaman Hias di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Alhuda Bussiness Community Pekanbaru). Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 12(3), 307–313.
Cahyono, N., & Ramadhani, I. A. (2019). Analisis kelayakan usaha anggrek bulan (phalaenopsis amabilis) di Aeyuddia Garden Desa Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Agriovet, 2(1), 68–80.
Demami, A., & Ningsih, E. (2023). Penilaian Greenship GBCI dalam Penerapan Tepat Guna Lahan di Indy Bintaro Office Park. Rustic Jurnal Arsitektur, 3(1), 1–14. http://ojs.itb-ad.ac.id/index.php/RUSTIC
Deshpanday, I., Bhakare, A., Waghmare, N., Shindhikumte, R., & Sonawane, P. (2021). Sustainable Green Building. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 9(VII), 2301–2306. https://doi.org/10.22214/ijraset.2021.36572
Fitryani, Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran impulsive buying saat Live Streaming pada masa Covid-19 dalam mendorong minat belanja masyarakat Sidoarjo. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v1i1.86
Fletcher, K., & Gbadamosi, A. (2022). Examining Social Media Live Stream’s Infuence on The Consumer Decision‑Making: a Thematic Analysis. Electronic Commerce Research Journal, 1–31. https://doi.org/10.1007/s10660-022-09623-y
Hanoum, F. C. (2021). Kontribusi persewaan tanaman hias terhadap pendapatan produsen tanaman hias di Kota Malang dan sekitarnya. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.252
Haryanto, L. I., Maulana, F. A., & Sukrianto, S. (2023). The impact of Covid-19 pandemic on Aglaonema farming income : a comparison between the height and the post trend. Ornamental Horticulture, 29(1), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.1590/2447-536X.v29i1.2575
Herlina. (2022). Analisis pengembangan bisnis tanaman hias dengan pendekatan model bisnis kanvas (studi kasus pada Kios Tanaman Hias Vinang Merah). Jurnal Agri Sains, 6(1), 2022. http://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JAS/index
Kementerian Pertanian. (2020). Outlook Anggrek Komoditas pertanian subsektor hortikultura. In Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian (Issue 2020).
Kenanoğlu, Z. (2023). Marketing Channel Preferences of Cut Flower Producers: A Case Study of Turkey. Horticulturae, 9(372), 1–13. https://doi.org/10.3390/horticulturae9030372
Lee, J. H., Hong, J. W., An, S. K., & Kim, J. (2022). Office workers’ perceptions of office indoor plant rental services. Journal of People, Plants, and Environment, 25(1), 1–11. https://doi.org/10.11628/ksppe.2022.25.1.1
Lepcha, A., Khade, S. D., & Roy, T. (2020). Economics of flower cultivation with special reference to orchid in hilly areas of west bengal. Economic Affairs, 65(3), 395–400. https://doi.org/10.46852/0424-2513.3.2020.11
Martoyo, A., Hendrawan, S. A., & Hesananda, R. (2022). Perencanaan strategi pemasaran tanaman hias Taman Anggrek Ragunan di masa Pandemi Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(2), 114–122. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12379
Nurdiantiwi, P., Lantarsih, R., & Sulistiya. (2018). Analisis kepuasan konsumen rental tanaman hias analysis of customer satisfaction of ornamental plants. Jurnal Pertanian Agros, 20(1), 59–67.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Elex Media Komputindo.
Pölling, B., Prados, M. J., Torquati, B. M., Giacch, G., Recasens, X., Paffarini, C., Alfranca, O., & Lorleberg, W. (2017). Business models in urban farming: A comparative analysis of case studies from Spain, Italy and Germany. Moravian Geographical Reports, 25(3), 166–180. https://doi.org/10.1515/mgr-2017-0015
Schans, J. W. van der. (2010). Urban Agriculture in the Netherlands. Urban Agriculture Magazine, 24(24), 530–540.
Sucipto, T. L. A., Hatmoko, J. U. D., Sumarni, S., & Pujiastuti, J. (2017). Kajian Penerapan Green Building pada Gedung Bank Indonesia Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2). https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12692
Yooyen, A., Chuchuen, C., & Songkroh, M. (2019). Consumers ’ behavior of orchid products in the northern part of Thailand. International Conference on Management and Information Systems, September(2019), 359–367.
Zega, N. M. S., Barus, R. H. B., & Sinaga, A. H. (2021). Analisis efisiensi usaha Anggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis) di Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung. Jurnal Agribizda, 5(1), 118–125.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================