Analisa Perbaikan Kualitas Pada Aktifitas Repair Produk Sepatu Departmen Assembly Dengan Metode Pendekatan DMAIC Di PT. Unimitra Kharisma, Cileungsi-Jawa Barat
Abstract
PT. Unimitra Kharisma sebagai salah satu pabrik sepatu di Indonesia yang dalam proses produksinya masih ditemukan sebagian produk sepatu yang cacat. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi produk yang cacat dengan metode pendekatan DMAIC, menentukan penyebab cacat yang paling dominan dan menentukan rencana perbaikan. Metode DMAIC mempunyai 5 tahapan yaitu: Tahap define didapat 8 jenis cacat dengan pendekatan diagram pareto, didapat 2 jenis cacat paling dominan yaitu bonding gap dan kebersihan sepatu. Tahap measure mengukur data dan didapatkan nilai DPMO 72876,53 dengan nilai sigma sebesar 2,9547. Tahap analyze dilakukan untuk pengindentifikasi penyebab kecacatan menggunakan diagram pareto dan diagram fishbone. Tahap improve direkomendasikan perbaikan berkelanjutan dan menghasilkan 4 saran, yaitu: mengevaluasi supplier secara berkala, melakukan manajemen perawatan dengan baik, meningkatkan inspeksi pada setiap proses dan membentuk sebuah department management trainee. Tahap control belum di implementasikan serta usulan perbaikan akan diutarakan pada rapat tinjauan manajemen.
Full Text:
PDFReferences
Atkinson, P. (2014). DMAIC : A Methodology for Lean Six Sigma business transformation.Management Service.58 (1) , 12-17.
Bachtiar, M., Said Salim Dahda, and Elly Ismiyah. (2021). Analisis pengendalian kuaitas produk pap hanger menggunakan metode six sigma dan fmea di pt. ravana jaya manyar gresik. Justi (Jurnal Sistem dan Teknik Industri) 1(4):609. doi: 10.30587/justicb.v1i4.2924.
Berman & Evan. (2007). Manajemen Ritel. Jakarta: Erlangga.
F. Hutami, Rr. Rieka, and Camelia Yunitasari. (2016). Analisis pengendalian kualitas produk dengan metode six sigma pada perusahaan percetakan PT. Okantara. Kinerja 20(1):81.doi:10.24002/kinerja.v20i1.699.
Gaspersz,V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi dengan ISO 9001:2000, MBNQA dan HACPP. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Heizer, J., & Render, B. (2015). Operations Management (Manajemen Operasi), ed. 11, Penerjemah: Dwi anoegrah wati S dan Indra Almahdy, Salemba empat, Jakarta. suryo agung nugroho. Nucleic Acids Research, 34(11), e77-e77.
Heizer, Jay & Barry. Render. (2006). Manajemen Operasi, Jilid I ; diterjemahkan oleh: Setyoningsih,D., dan Almahdy,I; Edisi tujuh, Jakarta : Salemba Empat.
Irwan dan Didi Haryono. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: Alfabeta.
Kartika, H. (2013). Analisis pengendalian kualitas produk CPE film dengan metode statistical process control
pada PT. MSI. Jurnal ilmiah teknik industri, 1(1), 50-58.
Munjiati, M. (2015). Manajemen Operasi: Strategi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Gramasurya.
Pande, Peter S. Robert P, Newman, Roland R, Cavanagh. (2002). The Six Sigma Way : Bagaimana GE, Motorola dan Perusahaan Terkenal Lainya Mengasah Kinerja Mereka. Yogyakarta: Andi.
Sutiyarno, Didik, and Chriswahyudi Chriswahyudi. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas dan Pengembangan Produk Wafer Osuka dengan Metode Six Sigma Konsep DMAIC dan Metode Quality Function Deployment di PT. Indosari Mandiri. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems) 12(1). doi: 10.30813/jiems.v12i1.1535.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================