Peran Kopi Gayo Sebagai Simbol Budaya di Provinsi Aceh Bagi Generasi Z
Abstract
Kopi Gayo, sebagai komoditas unggulan dari Provinsi Aceh, telah lama menjadi simbol budaya yang mencerminkan identitas masyarakat Aceh, khususnya suku Gayo. Dalam konteks Generasi Z, kopi Gayo tidak hanya dilihat sebagai minuman, tetapi juga sebagai elemen penting dalam kehidupan sosial dan budaya yang mempererat hubungan antar individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kopi Gayo dipersepsikan oleh Generasi Z di Aceh, serta peranannya dalam membangun modal sosial dan budaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dan observasi partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kopi Gayo memiliki nilai simbolik yang mendalam bagi Generasi Z, tidak hanya karena cita rasanya yang khas, tetapi juga sebagai alat untuk menjaga dan merayakan tradisi. Generasi Z melihat kopi Gayo sebagai produk premium yang mencerminkan kualitas dan keberlanjutan, serta sebagai simbol kebanggaan lokal yang tetap relevan meski terpapar pengaruh globalisasi. Kopi Gayo juga berfungsi sebagai sarana komunikasi antar budaya dan mempererat ikatan sosial di kalangan masyarakat Aceh. Meskipun menghadapi tantangan dalam hal aksesibilitas dan harga, peluang untuk memperkenalkan kopi Gayo lebih luas melalui media digital dan e-commerce sangat terbuka. Secara keseluruhan, kopi Gayo terus menjadi bagian penting dari kehidupan sosial dan budaya, serta simbol identitas yang di junjung tinggi oleh Generasi Z di Aceh.
Full Text:
PDFReferences
Azhar Munthasir,dkk., Adat Perkawinan Etnis Gayo, (Banda Aceh, Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh, 2009), hal. 16.
Setyantoro, A. S., Gayosia, A. P., As, N. B., & Bathin, W. R. (2012). Kopi dan kehidupan sosial budaya masyarakat Gayo. BNPB Banda Aceh.
Prakosa, A. (2019). GENERASI THIRD WAVE COFFEE : PERSPEKTIF MILENIAL TERHADAP KOPI GELOMBANG KETIGA. Bisman (Bisnis & Manajemen): The Journal Of Business and Management, 2, 106–118.
Gumulya, D., Helmi, I. S., Program, S., Desain, S., & Harapan, U. P. (2017). Kajian budaya minum kopi indonesia. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 13(2), 153–172.
Syamsu, B. (2022). Memahami Makna Kopi Dalam Perilaku Keseharian. DIMENSI Jurnal of Sociology, 11.
Manyamsari, Ira, Romano, Mujiburahmad, and Ramayana. 2019. “Pengembangan Komoditas Unggulan Perkebunan Berbasis Modal Sosial Dan Peluang Investasi Di Aceh.” Jurnal Penelitian Agrisamudra 6(1):1–12. doi: 10.33059/jpas.v6i1.1330
Khalisuddin, dkk., Kopi Dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Gayo, (Banda Aceh, Balai Pelestarian Nilai Budaya, 2002), hal. 55. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19181/
Efendi, S., Sunjaya, H., Purwanto, E., &Widiyanarti, T. (2024). Peran Komunikasi Antar Budaya dalam Mengatasi Konflik di Lingkungan Multikultural. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(4), 6-6.
Ismail, S. (2022). Kopi Gayo Kajian Historis dan Sosiologis. Banda Aceh: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30080/
Karno Nur Cahyo, M. E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengolaan Kuisioner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika.
Nestiti, L. G. (Vol.1, No.10, Juni2022). BUDAYA KONSUMSI KOPI SEBAGAI GAYA HIDUP THE LEISURE CLASS ADA GENERASI Z DI COFFEE SHOP UGOKU.CO DAN TITIK KUMPUL COFFEE BREWERS KECAMATAN SEKUPANG KOTA BATAM. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4. https://www.bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/2591
Yonatan, A. Z. (2024, Oktober 23). Survei GoodStats: Kopi Jadi Bagian dari Kehidupan Masyarakat Indonesia. https://goodstats.id/article/survei-goodstats-kopi-jadi-bagian-dari-kehidupan-masyarakat-indonesia-D5iBT
Muazzah Shavira Yusuf, Laina Hilma Sari, Cut Nursaniah. (2019) “Perancangan Museum Kopi Aceh di Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan hal 59-63 https://jim.usk.ac.id/ArsitekturPWK/article/viewFile/14255/6756
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.
Liliweri, Alo. (2021). Komunikasi Antarbudaya: Definisi dan Model. Depok: RajaGrafindo Persada.
Mulyana, Deddy. (2023). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Roy, K. C., Hasan, S., Sadri, A. M., &
Cebrian, M. (2020). Understanding the efficiency of social media based crisis communication during hurricane Sandy. International Journal of Information Management.
Herlina, R. d. (2013). DAMPAK KEBERADAAN KEDAI KOPI BAGI IPK MAHASISWA http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu/article/view/543
Marsha Azzahra, A. I. (2023). Fenomena Ngopi di Coffee Shop Pada Gen Z. Social Science Academic, 1(2), 493-506. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/ssa/article/view/3991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================