HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA PAGEDANGAN

Annisa Fauziah, Anita Damayanti

Abstract


Pola asuh menjadi faktor penting dalam perkembangan anak, salah satu perkembangan anak yaitu perkembangan motorik halus. Pola asuh demokratis cenderung menjadi pola pengasuhan yang paling efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun Di Desa Pagedangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif model analisis korelasi, dengan hipotesis terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dilakukan di Desa Pagedangan, Kecamatan Tangerang, Kabupaten Tangerang, Banten. Analisis hasil uji t-test yang telah dilakukan nilai signifikansi (2-tailled) yang didapat yaitu 0,001<0,05. Maka dilihat dari dasar pengambilan keputusan yaitu nilai signifikansi (2-tailled) dari 0,05, maka diterima. Hasil interpretasi koefisien korelasi sebesar 72,3 % artinya terdapat hubungan yang kuat antara pola asuh demokratis dengan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun.

Kata kunci: Pola Asuh, Demokratis, Perkembangan Motorik Halus


Full Text:

PDF

References


Apriliani, widia R. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di TK Ma’arif Bumi Jaya Batanghari Nuban Lampung Timur. Repository.Metrouniv.Ac.Id,4(1),32. http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8186/

Adpriyadi, & Sudarto. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38.

https://www.neliti.com/publications/549203/pola-asuh-demokratis-orang-tua-dalam-pengembangan-potensi-diri-dan-karakter-anak

Azizah, S. Y. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Balita Di Klini Tumbuh Kembang Mitra Insan Mandiri (MIM) Ponorogo. Etheses.Iainponorogo.Ac.Id, 4(1), 26. https://etheses.iainponorogo.ac.id/23961/

Bahran, T., Mufidatul Ummah, D., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 130. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Brantasari, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.119

Damayanti, A., & Aini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas Bekas. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–68. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6686

Farwati, E. (2023). Strategi Mengembangkan Motorik Halus melalui Kegiatan Bermain Pasir Anak Usia Dini di TK Aisyiyah III Baturetno Wonogiri Jawa Tengah. Etheses.Iainponorogo.Ac.Id, 1, 29–30. http://etheses.iainponorogo.ac.id/23987/

Hanifah, H. asma fadhilah, Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 93. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1323

Hurlock,E.B. (2018). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Muaz, F. (2022). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak TK B di TK Islam An-Nizomiyah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64858

Nafiah, U., Wijono, H. A., & Lailiyah, N. (2021). Konsep Pola Asuh Orang Tua Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(2), 158. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna

Nisa, D. I. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. 1403106006. https://www.jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/ICEJ/article/view/3702

Nur Aini, L. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Munculnya Permasalahan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 3(2), 195–210. https://doi.org/10.21580/joecce.v3i2.18066

Nurhidayah. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 42. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144

Nurlaili. (2019). PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI NURLAILI, M.Pd 2019.

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 159. https://www.academia.edu/download/102395430/12657.pdf

Sholikhah, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menyusun Kolase dengan Media Biji-Bijian. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 62. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol2.no12023pp58-73

Sholihah, W. (2023). Pengaruh Kegiatan Menggunting Pola Menggunakan Media Piring Kertas terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di RA Uswatun Hasanah. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 16. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72400

Sifa, J. R. (2024). Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Kedaung (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Tabi'in, A. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30-43 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/9581

Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Zainuri, A. (2020). Pola Asuh Keluarga Pada Remaja yang Ditinggal Merantau Orang Tua. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10. http://reposiory.iainkudus.ac.id/3708/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ