Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Mengurangi Kecemasan Matematis Siswa Kelas IV SDN Babakan 02

Laily Nurmalia, Lutfi Lutfi, Farihen Farihen, Lutfi Hamdani Maula, Uma Zulvina

Abstract


Penulisan penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yaitu masih terdapat siswa yang merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit, karena matematika membutuhkan penalaran yang kuat. Hal tersebut menjadikan siswa merasa cemas dalam mempelajari matematika. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kecemasan matematis siswa, gejala kecemasan matematis yang dialami siswa, dan hasil penerapan media pembelajaran aplikasi wordwall untuk menurunkan kecemasan matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dengan menguraikan keadaan atau fakta yang sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan sampel siswa sebanyak 4 orang dengan inisial GI, BN, RD, dan YR, dilakukan pada siswa kelas IV SDN Babakan 02. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kecemasan matematis serta gejala-gejala kecemasan matematis yang dialami oleh siswa berbeda-beda dan hasil penerapan media wordwall mampu perlahan-lahan menurunkan kecemasan matematis siswa yang ditunjukan melalui berkurangnya gejala-gejala kecemasan matematis yang dialami oleh siswa.


Full Text:

PDF

References


Fadilah, N. N & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Sosiomadika: Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 459–467

Jannah, dkk. (2020). Kecemasan dan music 8D. Banten: CV.AA. Rizky.

Nana Syaodih, (2019), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung PT Rosmajakarya halaman 94-100

Nuraini, K. D., Ruslau, M. F. V., & Palobo, M. (2019). Mathematics teacher performance based on student’s perception and learning achievement by applying structural equation modeling approach. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1).

Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 145–165.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategi Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 89

Samsu N, dkk, (2019). Ilmu Pendidikan Penlitian Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung, Hal.43-100

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Hal. 306-310


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ