Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di SDN Pisangan 01

Adiyati Fathu Roshonah, Sutihat Sutihat, Adi Alam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kompetensi FPB dan KPK dengan menggunakan model pembelajaran Blended learning yang akan menjadikan peserta didik memiliki keleluasaan untuk mempelajari materi atau bahan ajar dengan memanfaatkan bahan ajar yang tersimpan secara online. Di dalam pelaksanaan pembelajaran matematika pada saat ini ditemukan masalah seperti peserta didik merasa bosan, peserta didik kesulitan dalam memahami materi, peserta didik selalu dihadapkan dengan soal-soal dan juga rumus-rumus, karena dalam proses pembelajaran tidak menggunakan model yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN Pisangan 01 kelas IVAyang diterapkan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (Observasi) dan tahap refleksi, dengan teknik pengambilan data kualitatif melalui wawancara dan data kuantitatif melalui tes prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang di capai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I presentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 75 adalah 72% dengan rata-rata kelas 80. Pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 75 adalah 94% dengan rata-rata kelas 96. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi FPB dan KPK kelas IVA di SDN Pisangan 01.


Full Text:

PDF

References


Supandi, Widya Kusamaningsih, dan Lilik Aryanto.2016. Keefektifan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1),64-65.

Nugraha,Putra,Agung,Gede,Dewa, Wayan, Puja, Astawa dan Made Ardana.2019.Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis.JurnalRiset Pendidikan Matematika,6(1)77.

Darma,Ketut, Gede,Made,Karma dan Made Anom Santiana.2020. Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi.Jurnal Prisma, 3.529

Hasbullah.2014. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan.Jurnal Formatif,4(1),66-67

Wiryanto.2020. Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar.6(2),4.

Rachmati Nur Imami,2007. Pengumpulan DataDalam Penelitian Kualitatif : Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. 11(1).39-40.

Widianingtias, Mijil.2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IV MI Al-Fatah Kemutug Wadaslintang Wonosobo Jawa Tengah Tahun Ajaran 2012/2013.(Skripsi). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta.

Widiati,Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. 6(1).88-89

Riadi, Muchlisin.2016.Penelitian Tindakan Kelas. (https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html). diakses

pada 25 September 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ