Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di SDN Pisangan 01

Authors

  • Adiyati Fathu Roshonah Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sutihat Sutihat Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Adi Alam Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kompetensi FPB dan KPK dengan menggunakan model pembelajaran Blended learning yang akan menjadikan peserta didik memiliki keleluasaan untuk mempelajari materi atau bahan ajar dengan memanfaatkan bahan ajar yang tersimpan secara online. Di dalam pelaksanaan pembelajaran matematika pada saat ini ditemukan masalah seperti peserta didik merasa bosan, peserta didik kesulitan dalam memahami materi, peserta didik selalu dihadapkan dengan soal-soal dan juga rumus-rumus, karena dalam proses pembelajaran tidak menggunakan model yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN Pisangan 01 kelas IVAyang diterapkan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (Observasi) dan tahap refleksi, dengan teknik pengambilan data kualitatif melalui wawancara dan data kuantitatif melalui tes prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang di capai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I presentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 75 adalah 72% dengan rata-rata kelas 80. Pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 75 adalah 94% dengan rata-rata kelas 96. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi FPB dan KPK kelas IVA di SDN Pisangan 01.

Author Biographies

Adiyati Fathu Roshonah, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sutihat Sutihat, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Adi Alam, Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan

Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Supandi, Widya Kusamaningsih, dan Lilik Aryanto.2016. Keefektifan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1),64-65.

Nugraha,Putra,Agung,Gede,Dewa, Wayan, Puja, Astawa dan Made Ardana.2019.Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis.JurnalRiset Pendidikan Matematika,6(1)77.

Darma,Ketut, Gede,Made,Karma dan Made Anom Santiana.2020. Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi.Jurnal Prisma, 3.529

Hasbullah.2014. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan.Jurnal Formatif,4(1),66-67

Wiryanto.2020. Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar.6(2),4.

Rachmati Nur Imami,2007. Pengumpulan DataDalam Penelitian Kualitatif : Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. 11(1).39-40.

Widianingtias, Mijil.2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IV MI Al-Fatah Kemutug Wadaslintang Wonosobo Jawa Tengah Tahun Ajaran 2012/2013.(Skripsi). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta.

Widiati,Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. 6(1).88-89

Riadi, Muchlisin.2016.Penelitian Tindakan Kelas. (https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html). diakses

pada 25 September 2020.

Downloads

Published

2020-12-03