Kajian Penerapan Arsitektur Perilaku pada Bangunan Pasar Ikan Krematerium Cilincing

Rivan Bryan Tirta, Finta Lissimia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fator-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan ruang oleh pedagang dan pembeli yang meliputi atribut prilaku Sosialitas (sociality), Adaptabilitas (Adaptability), Aktivitas (activity), Aksesibilitas (accessibility), Kontrol (Teritorialitas). Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data para pedagang dan pembeli pasar. Terdapat tiga langkah yang perlu diambil dalam penelitian ini, pertama adalah pembentukan konsep, kedua, interpretasi data yang meliputi tahap mengidentifikasi hubungan antara data atau masalah, ketiga, aplikasi prinsip yang meliputi tahap memprediksi konsekuensi, menjelaskan fenomena-fenomena dan menguji hipotesis. Temuan pada penelitian ini adalah konsentrasi aktivitas yang terjadi antara pedagang dan pembeli yang terjadi diantara bangunan inti dengan luar bangunan, aktivitas yang terbanyak terjadi pada saat jual beli dan drop barang yang bertepatan pada area luar bangunan inti, tempat ini didominasi oleh para pedagang dan pembeli luar daerah tersebut yang mempengaruhi Sosialitas, Adaptabilitas, Aktivitas, Aksesibilitas, Kontrol. Saran dalam penelitian ini adalah (a) penegakan peraturan yang mendukung brand image pasar (b) jika ingin berkembangnya pasar diperlukannya penyedian sarana dan prasarana meliputi listrik, air bersih, sanitasi air hujan dan limbah, drainage, pengelolaan sampah dan jaringan telepon.


Full Text:

PDF

References


etiawan, H. B. (2010). Arsitektur, Lingkungan, dan Perilaku. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: Grasindo.

Devy, D. A. (2009). KAJIAN TERHADAP PEMANFAATAN RUANG DI PASAR TRADISIONAL. TEKNIK-UNISFAT, 9-21.

Kurniadi, F. (2012). Konsep Prilaku Teritorialitas di Kawasan Pasar Sudirman Pontianak. Vokasi, 197 - 208.

Saputro, B. W. (2018). Penerapan Desain Arsitektur Prilaku Pada Perancangan Redesain Pasar Panggungrejo Surakarta. SENTHONG, Vol.1,No.2.

Westriani, C. A. (2016). Revitalisai Pasar Ikan Rejomulyo Sebagai Destinasi Wisata Dengan Pendekatan Arsitektur Prilaku Di Kota Semarang. Arsitektura, Vol.14, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ