Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Zulfitria Zulfitria, Ansharullah Ansharullah, Rastia Fadhillah

Abstract


Dunia pendidilkan saat ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan internet. Salah satu teknologi dan internet yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran Daring berfungsi sebagai perantara antar pendidik dan siswanya dengan jaringan internet yang mendukung. Berbagai macam media yang digunakan sebagai pembelajaran daring sebagai subjek penelitian, contohnya: WhatsApp, Zoom Meet, Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas dalam penggunaan teknologi dan internet sebagai media pembelajaran pada saat pandemic covid-19 ini. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah pengumpulan data tanya jawab kepada narasumber yaitu orang tua wali murid melalui interview dan juga pengumpulan data pengisian angket. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa efek dari pandemic covid-19 pembelajaran anak dirumah memang mengharuskan penggunaan teknologi dan internet sebagai media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Wahyu, A. F. D. (2020). Universitas Kristen Satya Wacana. Artikel: Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.

Sri, H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Clark, L, S. Digital Media and The Generation Gap. Information, Communication & Society.

Education, I. S. for T. in. (2016). ISTE standards teachers. International Society for Technology in Education.

Abdulhak, Ishak; & Darmawan, Deni. 2005. Teknologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Jonsson, B., Waling, M., Olafsdottir, A. S., Lagström, H., Wergedahl, H., Olsson, C., … Hörnell, A. (2017). The effect of schooling on basic cognition in selected nordic countries. Europe’s Journal of Psychology, 13(4), 645–666. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i4.1339

Nisaul, C. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pandangan Siswa.

Ali Sadikin, Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.

Zulfitria. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2502


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ