Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi

Khaerunnisa Khaerunnisa, Lutfi Syauki Faznur, Lutfi Lutfi, Aulia Davi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan Classroom Action Research (PTK) dapat merasakan hasil pengaplikasian model pengajaran Discovery Learning pada hasilnya ada kemajuan dalam belajar peserta didk menulis cerita fantasi, peserta didik kelas VII C materi teks cerita fantasi PLP daring di SMPN 177 Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dapat mengetahui siswa dalam belajar dan terdapat empat tahapan ialah: merencanakan, pengimplementasian, observasi serta refleksi. Objek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C semester I Tahun 2020/2021n berjumblah 25 siswa yaitu 8 siswa laki- laki dan 17 siswa perempuan. Analisis data dilakukan dalam teknik seskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukan adanya kemajuan hasil belajar menulis cerita fantasi peserta didik, dengan materi teks cerita fantasi di SMPN 177. Hasil peningkatan belajar  menulis cerita fantasi pada siklus I sebesar 22,67% berubah menjadi 75,32% pada siklus II. Tercapai hasil belajar menulis cerita fantasi sudah sampai 85% pada siklus ke II. Kondisi ini menunjukan hasil belajar peserta didik sampai berkatagory tinggi.


Full Text:

PDF

References


Cintia, N, Dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Prespektif Ilmu Pendidikan. Vol. 32 No 1.

Fajri, Zaenol. 2019. Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDN. Jurnal IKA. Vol 7. No 2

Roselina, G. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1. No 1.

Sumyati, Eri. 2020. Meneingkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melaluin Model Discovery Learning dan Media Video dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi

siswa SMPN 2 Gngang,Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 7. No 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ