Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Papan Pintar (Pantar) untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Munifah Bahfen, Farihen Farihen, Zahra Nisrina

Abstract


Perkembangan kognitif merupakan aspek yang penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir anak, salah satunya yaitu berhitung permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berhitung permulaan dengan menggunakan media  Papan pintar (pantar) untuk anak usia 4-5 tahun tahun di kelompok A KB/TKS Bina Cendekia, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 14 anak, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan perhitungan statistika sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berhitung permulaan dengan menggunakan permainan papan pintar. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II sebesar 77%.


Full Text:

PDF

References


Dirjen PNFI, 2010. Peraturan Menteri

Pendidikan Nasional Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen PAUD. ..→ Dokumen Pemerintah.

Nuriman, Yulianti, dkk. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA SEMPOA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK AMELIA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Edukasi. IV (3). 45-48. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6301/4651

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta :Kemendikbud.

Semiawan, Conny R. (2007). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: UNY.

Yetti, R, dan Nirawati, Titin. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN MEJA PUTAR DI TAMAN KANAK–KANAK. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). Vol 4, No.1. http://www.jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/387 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ