Problematika serta Strategi Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

Zaitun Zaitun, Widia Winata, Rahadian Yudhistira

Abstract


Diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar akibat penyebaran Covid-19 di Indonesia menyebabkan lembaga kependidikan ditutup sementara. Proses belajar mengajar yang semula tatap muka di sekolah kini dialihkan melalui tatap muka secara virtual atau daring. Hal ini berimbas pada sistem belajar manual menjadi digital sehingga menimbulkan beberapa masalah khususnya pada strategi pembelajara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan dan strategi belajar khususnya pada siswa kelas IX MTs Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan. Penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara terhadap guru pamong dalam proses pengumpulan data. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang dialami dalam penerapan kpembelajaran jarak jauh, adalah: 1) masih banyak ditemukan guru dan siswa yang tidak dapat mengoperasikan gawai atau gagap teknologi, 2) keterbatasan sarana dan prasarana siswa seperti tidak memiliki gawai dan keterbatasan koneksi dan kuota internet. Sedangkan strategi pembelajaran yang diterapkan adalah: 1) manajemen waktu dan penggunaan teknologi yang tepat, serta 2) penrapan metode pembelajaran yang sesuai serta menjaga komunikasi dengan siswa.


Full Text:

PDF

References


Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7(5): 396.

Bahar, Herwina. 2015. Etika dan Profesi Kependidikan. Tangerang Selatan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Fatwanto, Agung dkk. 2018. Buku Panduan Praktik Pembelajaran Micro (PPM)/Mikro teaching. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.

Muhardi. 2014. Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Mimbar. 20(4): 483.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan. 9(3): 465.

Orlando, J., & Attard, C. (2015). Digital natives come of age: The reality of today’s early career teachers using mobile devices to teach mathematics. Mathematics Education Research, 28,p. 107-121.

Rahmadi, IF. (2019). Technological Paedagocial Content Knowledge (TPACK): Kerangka pengetahuan guru abad 21. Journal of Civics and Educcation Studies, Vol. 6 (1), p. 65-74.

Rana, et.al. (2014). E-learning: Issues and challenges. International Journal of Computer Application, Vol. 97 (5), p. 20-24.

Swan, JKG. (2017). The challenges of online learning: Supporting and engaging the isolated learner. Journal of learning design, Vol. 10 (1), p. 20 – 28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ