Analisis Diplomasi Ekonomi Indonesia ke Asia Tengah

Asep Setiawan, Endang Sulastri, Eka Aprianto, Iqbal Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana diplomasi ekonomi Indonesia ke Kawasan Asia Tengah dengan enam negara di dalamnya yakni Azerbaijan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Tajikistan dan Turkmenistan. Diplomasi ekonomi antara lain untuk meningkatkan volume perdagangan bertujuan memperkuat ekonomi Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Temuan penelitian ini adalah diplomasi ekonomi ke Asia Tengah dilakukan secara simultan mulai tahapan promosi, penguatan jejaring, promosi negeri dan fase penguasaan regulasi. Namun diplomasi ekonomi belum banyak berdampak kepada neraca perdagangan Indonesia dengan negara kawasan Asia Tengah.

Full Text:

PDF

References


Berridge, G.R and Alan James. (2003). A Dictiornary of Diplomacy. Hampshire : Palgrave Macmillan.

Berridge, G.R. (2010).Diplomacy Theory and Practice. Hampshire: Palgrave

Macmillan.

Black, Jeremy.(2010). A History of Diplomacy. London: Reaktion Books.

Boeije, Hennie. (2010). Analysis in Qualitative Research. Los Angeles: Sage.

Creswell, John W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Aproaches. Los Angeles: Sage.

Djelantik, Sukawarsini. (2012). Diplomasi Antara Teori & Praktik. Jakarta: Graha Ilmu.

Darmansjah Djumala.(2014). Membumikan Diplomasi Ekonomi: Tantangan Kebijakan Luar Negeri Era Jokowi-JK. Jurnal Diplomasi. Vol 6 No 3 November 2014.

Hamilton, Keith and Richard Langhorne. (1995). The Practice of Diplomacy: Its Evolution, Theory and Administration. London: Routledge.

Haryono, Endi. (2019). Diplomasi Ekonomi sebagai Arah Kebijakan Luar Negeri Indonesia tahun 2015-2018: Tantangan dan Peluang. Global Strategis, Th. 13, No. 2.

Kurniawan, Andi. (2014). Diplomasi Ekonomi Indonesia dan Thailand terhadap Pasar Timur Tengah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 17, Nomor 3, Maret 2014.

Lamont, Christopher. (2014). Research Methods in International Relations. London: Sage.

Manurung, Hendra.2019. Empowering Diplomacy Economy Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/335977823_EMPOWERING_DIPLOMACY_ECONOMY_INDONESIA. Diakses 1 Agustus 2020.

Margiansyah, D. (2020). Revisiting Indonesia’s Economic Diplomacy in the Age of Disruption: Towards Digital Economy and Innovation Diplomacy. Journal of ASEAN Studies.

Nicolson, Harold. (1942). Diplomacy. Oxford: Oxford University Press.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Asia-Pasifik dan Afrika. (2016). Kajian Mandiri:Indonesia dan Asia Tengah: Sebuah Upaya Penguatan Diplomasi Ekonomi. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Asia-Pasifik dan Afrika.

Primadona, Rizky Astria. (2015). Diplomasi Ekonomi Indonesia di Sub Sahara: Penguatan Hubungan Kerjasama Ekonomi Antara Indonesia dan Afrika Selatan dalam Kerangka NAASP (2010-2014). Skripsi Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Gadjah Mada.

Pujayanti, Adirini. (2015). “Diplomasi Ekonomi Bidang Perdagangan Masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo”. Dalam Humphrey Wangke (Ed). Tantangan dan Peluang Diplomasi Ekonomi Presiden Joko Widodo. Jakarta: P3DI Setjen DP RI dan Azza Grafika.

Rabiee, H., Abbasi Pour Nezam Abad, R., Amir Ahmadian, B., & Abdi, A. (2018). “Geo-economic explanation of Iran's relations with Kazakhstan”. Iranian Journal of Geographical Researches. 2018;33(3): 22-39. DOI: 10.29252/geores.33.2.22

Rana, Kishan S. (2011). 21st Century Diplomacy: A Practitioner’s Guide. London: TheContinuum Inernational Publishing Group.

Rana, Kishan S. (2011). “Serving the Private Sector: India’s Experience in Context”.

Dalam Nicholas Bayne and Stephen Woolcock (Eds).The New Economic Diplomacy:Decision-making and Negotiation in International Economic Relations. Surrey:Ashgate Publishing Limited.

Rana, Kishan S. ( 2007). Economic Diplomacy: The Experience of Developing Countries. https://www.researchgate.net/publication/337532192. Diunduh 1 April 2020.

Sabaruddin, Sulthon Sjahril. (2016). “Penguatan Diplomasi Ekonomi Indonesia Mendesain Clustering Tujuan Pasar Ekspor Indonesia: Pasar Tradisional vs Pasar Non-Tradisional.” Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional.Vol 12, No 2.

Sabaruddin , Sulthon Sjahril. (2016). “Grand Design Diplomasi Ekonomi Indonesia: Sebuah Pendekatan Indeks Diplomasi Ekonomi”. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. Vol 12, No 1.

Setiawan, Asep. (2012). Politik Luar Negeri Indonesia. Yogyakarta: Leutikaprio.

Siracusa, Joseph M. (2010). Diplomacy: A Very Short Introduction. Oxford: Oxford University Press

Sholehi, Mohammad. (2011). Diplomasi Praktik Komunikasi Internasional. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Wibisono, Makarim. (2011). Tantangan Diplomasi Multilateral. Jakarta: LP3ES.

Van Bergeijk, Peter A.G., Maaike Okano-Heijmans and Jan Melissen (eds). (2011). Economic Diplomacy: Economic and Political Perspectives. Leiden: Martinus Nijhoff Publishers.

Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L.P. Marsudi Tahun 2019. https://kemlu.go.id/portal/id/read/55/pidato/pernyataan-pers-tahunan-menteri-luar-negeri-ri-tahun-2019.

Dinamika Asia Tengah. http://www.tabloiddiplomasi.org/previous-isuue/49-juni- 2008/407-dinamika-asia-tengah.html

Produk Kesehatan Unggulan Indonesia Sasar Pasar Uzbekistan.

https://kemlu.go.id/tashkent/id/news/169/produk-kesehatan-unggulan- indonesia-sasar-pasar-uzbekistan.

Kemenpar promosi pariwisata di negara Asia Tengah.

https://nasional.kontan.co.id/news/kemenpar-promosi-pariwisata-di- negara-asia-tengah.

FGD Sinergitas Program Promosi Pariwisata Pasar Asia Selatan dan Asia Tengah TA 2019. https://www.kemenparekraf.go.id/post/fgd-sinergitas-program-promosi-pariwisata-pasar-asia-selatan-dan-asia-tengah-ta-2019.

Berharap 100.000 Turis Uzbekistan dari Penerbangan Tashkent—Jakarta.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190507/12/919444/berharap-100.000-turis-uzbekistan-dari-penerbangan-tashkentjakarta.

Pengusaha Batik Di Soloraya Berpeluang Luaskan Pasar Ke Asia Tengah.

https://www.solopos.com/perdagangan-luar-negeri-pengusaha-batik-di-soloraya-berpeluang-luaskan-pasar-ke-asia-tengah-721106..

Kemenpar promosi pariwisata di negara Asia Tengah .

https://nasional.kontan.co.id/news/kemenpar-promosi-pariwisata-di-negara-asia-tengah. Kemenpar promosi pariwisata di negara Asia Tengah.

Bus promosi Wonderful Indonesia beredar di Tashkent, Uzbekistan.

https://www.antaranews.com/berita/1217928/bus-promosi-wonderful-indonesia-beredar-di-tashkent-uzbekistan.

Uzbekistan resmi beri tarif preferensi lebih murah untuk produk RI.

https://www.merdeka.com/uang/uzbekistan-resmi-beri-tarif-preferensi-lebih-murah-untuk-produk-ri.html..

Presiden Kunjungi Lima Negara di Asia Tengah

https://www.medcom.id/nasional/politik/8KyvDn3N-presiden-kunjungi-lima-negara-di-asia-tengah.

Wawancara dengan Direktur Asia Tengah Kementerian Luar Negeri Indonesia Ferdy Piay

Wawancara Dr. Arfin Sudirman, Dosen FISIP Universitas Padjadjaran

Wawancara Dr. Ryantori, Dosen FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ