PENGARUH ANIMASI DALAM APLIKASI POWTOON TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI

Lidiyatul Izzah, Herwina Bahar, Gianti Putri

Abstract


Perkembangan ilmu teknologi pada saat ini sangat lah pesat. Hampir semua bidang dan aspek kehidupan manusia menggunakan teknologi, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Dalam menyampaikan materi pembelajaran, tidak jarang guru menggunakan teknologi yang dibungkus menjadi media pembelajaran baik berbentuk audio, visual, maupun audivisual. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar pada siswa, dapat dilihat melalui fungsi yang dimiliki oleh media pembelajaran adalah sebagai pemusat perhatihan siswa, membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, serta mengaktifkan respon peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis memilih aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Eksplanasi. Pada penelitian ini, digunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen hasil karya peserta didik dan hasil kuesioner terhadap pembelajaran teks eksplanasi ini yang diisi oleh siswa melalui google form. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh yang cukup besar dari animasi pada aplikasi powtoon terhadap hasil belajar peserta didik. Peserta didik menunjukan respon serta hasil yang baik setelah pengajar menyampaikan materi dengan menggunakan aplikasi powtoon.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Jalmur, Nizwardi. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 4.

Nurdiansyah, Edwin, Dkk. 2012. Perkembangan Media Pembelajaran Bebasis Powtoon Pada Perkuliahan Kewarganegaraan . Yogyakarta. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan . Vol 15 No. 1 https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/16875/pdf

Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Jakarta. Badan Penerbit UMN. Vol. 12. No 3

Salfera, Novi. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan menggunakan Media Gambar. Bandung. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 3 No. 2 https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/95/88

Kresnandya, Tio Fanky. 2020. Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Pesrta Didik Pada Sub Konteks Vertebrata. Jakarta. Jurnal Metaedukasi. Vol 2 No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ