PENGARUH ANIMASI DALAM APLIKASI POWTOON TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI

Authors

  • Lidiyatul Izzah Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Herwina Bahar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Gianti Putri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi pada saat ini sangat lah pesat. Hampir semua bidang dan aspek kehidupan manusia menggunakan teknologi, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Dalam menyampaikan materi pembelajaran, tidak jarang guru menggunakan teknologi yang dibungkus menjadi media pembelajaran baik berbentuk audio, visual, maupun audivisual. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar pada siswa, dapat dilihat melalui fungsi yang dimiliki oleh media pembelajaran adalah sebagai pemusat perhatihan siswa, membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, serta mengaktifkan respon peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis memilih aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Eksplanasi. Pada penelitian ini, digunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen hasil karya peserta didik dan hasil kuesioner terhadap pembelajaran teks eksplanasi ini yang diisi oleh siswa melalui google form. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh yang cukup besar dari animasi pada aplikasi powtoon terhadap hasil belajar peserta didik. Peserta didik menunjukan respon serta hasil yang baik setelah pengajar menyampaikan materi dengan menggunakan aplikasi powtoon.

Author Biographies

Lidiyatul Izzah, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Herwina Bahar, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Gianti Putri, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Jalmur, Nizwardi. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 4.

Nurdiansyah, Edwin, Dkk. 2012. Perkembangan Media Pembelajaran Bebasis Powtoon Pada Perkuliahan Kewarganegaraan . Yogyakarta. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan . Vol 15 No. 1 https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/16875/pdf

Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Jakarta. Badan Penerbit UMN. Vol. 12. No 3

Salfera, Novi. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan menggunakan Media Gambar. Bandung. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 3 No. 2 https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/95/88

Kresnandya, Tio Fanky. 2020. Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Pesrta Didik Pada Sub Konteks Vertebrata. Jakarta. Jurnal Metaedukasi. Vol 2 No. 1

Downloads

Published

2020-10-07