PERUBAHAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MANSHURIYAH

Authors

  • Bahagia Bahagia Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anis Setiyanti Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • abd Basit Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ayuhan ayu Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perubahan proses pembelajaran dan membiasakan siswa dengan daring pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Al-Manshuriyah Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui: Perubahan proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 berkurang hanya 4 jam pelajaran tatap muka perhari sesuai Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor: HK.01.08/ MENKES/6678/ 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. 

Author Biographies

Bahagia Bahagia, Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Anis Setiyanti, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

abd Basit, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ayuhan ayu, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Abidin, Z., Hudaya, A., Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19’, Research and Development Journal Of Education Special, 2020, 131-A6

Ansory, I. (2020). Fiqih Menghadapi Wabah Penyakit. Rumah Fiqih Publishing, JalanJalan Karet Pedurenan

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan.

Chaney, D., Chaney, E., Eddy, J. (2010). The Context of Distance Learning Programss in Higher Education: five Enabling Assumption. Online Journal of Distance Learning Administration Volume 13 No 4

CNNIndonesia. (2020)

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Godber, K. A. & Atkins, D. R. (2021). Covid-19 Impacts on Teaching and Learning: A Collaborrrative Autoethnography by Two Higher Education Lecturers. Frontiers in Education

Https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/, ‘Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)-Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan’, Https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id/2020.

Jaelani, A., Hamdan, F., Hety, A., and Qiqi, Y. Z. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online)’, Jurnal IKA PGSD (Ikatan AlumniPGSD) UNARS, 2020 Diakses Tanggal 16-10-2020

Kamanetz, A. (2020, March 19). 'Panic-gogy': Teaching Online Classes During The Coronavirus Pandemic. NPR. Retrieved from https://www.npr.org/2020/03/19/817885991/panic-gogy-teaching-online-classes-during-the-coronavirus-pandemic

Kemendikbud Ristek : No. 14 tahun 2020 “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19” Tahun 2020.

Monica, J. dan Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19’, Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 2020 Diakses Tanggal 15- 10-2020

Murray, S. B. (2020). EDITORIAL: COVID-19 and Anxiety and Depression in 2020 and Anxiety

Pane, A., dan Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran’, Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman

Qowaid, Junaedi, D., Romli, M. Dan Primami, A. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Implementasi Perkuliahan E- Learning Selama Pandemi Covid-19:, Reslaj: Religion Education SocialLaa Roiba Journal, https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.144>Diakses tanggal 14-12-2022

Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Informasi Dan Komunikasi. Rajawali Pers: Depok

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology and Pathogenesis of Coronavirus Disease (COVID-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, 102433.’, Journal of Autoimmunity

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), 687–687. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8.

Xhaferi, B. & Xhaferi, G. Online Learning Benefits and Challenges during the Covid 19 Pandemic – Students- Perspective from SEEU. SEEU Review Volume 15 Issue 1; Challenges and Perspective of Covid-19.

Downloads

Published

2021-10-28