Prilaku Agresif Anak Di Rumah Dalam Bermain Game Online

Authors

  • Yasin Efendi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulfitria Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sodikin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Suryadi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Dilatarbelakangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin pesat menghasilkan produk-produk teknologi yang memberikan manfaat dan kemudahan bagi manusia mulai dari manfaat ilmu pengetahuan, pendidikan dan hiburan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia menciptakan fasilitas untuk mempermudah sekaligus membantu aktifitas sehari-hari seperti laptop, handphone, playsation, dan game online dengan komputer. Penelitian ini menggunakan kualitatif dalam memperoleh pemahaman yang mendalam pada orang tua siswa di Bimbel Hiama Bogor dengan pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak game online terhadap anak sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sebagai orang tua dan pendidik perlu memahami dampak positif dan negatif game online, serta memberikan bimbingan yang tepat kepada anak agar mereka dapat menggunakan teknologi ini secara bijak.

References

Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya

Anantasari. (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak Yogyakarta: KANISIUS.

Arifin, Bambang Samsul. (2015) Psikologi Sosial, Bandung:

Creswell, J. W. (2014). The Selection of a Research Approach. In Research Design. https://doi.org/45593:01

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya. Cetakan ketujuh.

Gaol, Theresia Lumban. (2012). Hubungan Kecanduan Game Online dengan prestasi akademik mahasiswa di fakultas Teknik Universitas Indonesia. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Program Sarjana Regular Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Hilmuniati, Fina. (2011). Dampak Bermain Game Online Dalam Pengamalan Ibadah Shalat Pada anak Di kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Kota Tangerang selatan, Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Henry, Samuel. (2010). Cerdas Dengan Game. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kurniasih, Imas. (2012). Kumpulan Permainan Interaktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer, Kompas gramedia group.

Montolalu, dkk. (2013). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang selatan: Universitas Terbuka. Cetakan ketujuh belas.

Niken, Ariani (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Ramadhan Ardi. (2013). Hubungan motif game online dengan perilaku agresif remaja awal. e- journal ilmu komunikasi, 1 (1):136-158

Risaldy, Sabil. (2014). Bermain, Bercerita, Menyanyi Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Susanto Ahmad. (2015). Bimbingan dan Konseling di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia group.

Downloads

Published

2025-05-12