Pengaruh Kualitas Informasi dalam Media Instagram @nusatalent Terhadap Citra Nusa Talent

Penulis

  • Nining Kartika Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siska Yuningsih Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Melalui media online seperti Instagram, perusahaan atau organisasi dapat memiliki kesan positif dimasyarakat dengan memberikan informasi yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas informasi dalam media Instagram @nusatalent terhadap citra Nusa Talent dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan teori kualitas informasi dan citra perusahaan dengan pendekatan metode kuantitatif serta jenis penelitiannya adalah bersifat eksplanatif yang dilakukan melalui metode survey. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik metode Simple Random Sampling, yang artinya pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan strata yang ada dalam populasi tersebut dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan t hitung > t tabel yaitu 12.757 > 1.984 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil uji koefisien determinasi adalah bahwa terdapat pengaruh Kualitas Informasi (X) terhadap Citra Perusahaan (Y) terbukti secara signifikan, sebesar 62,4% sementara sisanya yaitu 37,6% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kualitas informasi dalam media Instagram @nusatalent terhadap citra Nusa Talent.

Biografi Penulis

Nining Kartika, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Siska Yuningsih, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook. Media Kita: Jakarta.

Darmawan, Deni. & Fauzi, Kunkun Nur. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosadarkarya.

Suhandang, Kustadi. (2012). Studi Penerapan Public Relations Pedoman Kerja Perusahaan. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-16

Terbitan

Bagian

Articles