Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Menjaga Kebersihan Pada Siswa

Penulis

  • Ahmad Susanto Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulfitria Zulfitria Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aswir Aswir Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Misriandi Misriandi Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Maysaroh Lubis Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karakter yang dibentuk dalam lingkungan keluarga sejak kecil. Karakter yang baik dapat dibentuk melalui pendidikan, salah satunya melalui pendidikan karakter di sekolah. Untuk mewujudkannya dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai karakter harus dibentuk sejak usia dini yaitu karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan kualitatif dalam memperoleh pemahaman yang mendalam pada orang tua siswa di TK Hiama Kids Bogor dengan pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa usia dini merupakan periode emas dalam pembentukan karakter seseorang, sehingga upaya menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan sejak dini sangat penting. Guru dan orang tua memiliki peran penting dalam pendidikan karakter lingkungan pada siswa di TK Hiama Kids. Dengan berbagai pendekatan permbelajaran  yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak baik sekolah maupun keluarga dan pelibatan masyarakat agar dapat menciptakan perubahan yang signifikan.Kata kunci: pola asuh, pembelajaran, hasil belajar

Biografi Penulis

Ahmad Susanto, Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Zulfitria Zulfitria, Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Aswir Aswir, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Misriandi Misriandi, Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Maysaroh Lubis, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Referensi

Asmani, Jamal Ma’mur (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Chan, F., Rimba Kurniawan, A., Oktavia, A., Citra Dewi, L., Sari, A., Putri Khairadi, A., & Piolita, S. (2019). Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).

Hidayatullah, Furqon (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Heri, Gunawan. (2014)."Pendidikan karakter konsep dan implementasi." 30. Bandung : Alfabeta,

Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rohman. Arif (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suwarno. Wiji (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Zuchdi, Darmiyati (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-28

Terbitan

Bagian

Articles