Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi

Penulis

  • Anita Damayanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Agus Suradika 2 Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tasyfi Barkidzki Asmas Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi mengurangi kejenuhan anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) siswa kelas I dapat teratasi melalui penggunaan aplikasi ICANDO. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pondok Pinang 08 Pagi dengan subjek sebanyak 32 peserta didik di kelas I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 27 siswa mengatakan aplikasi ICANDO termasuk aplikasi yang memiliki tampilan menarik dan penyampaian yang kreatif sehingga menjauhkan siswa dari kejenuhan, 27 siswa mengatakan aplikasi ICANDO dapat mengurasi rasa kejenuhan mereka saat belajar, 28 siswa mengatakan bahwa mereka sangat bersemangat ketika sedang memakai aplikasi ICANDO, 27 siswa merasa senang ketika memakai aplikasi ICANDO, 28 siswa mengatakan bahwa dengan menggunakan aplikasi ICANDO membuat mereka mudah dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi mengurangi kejenuhan anak  dalam Pembelajaran Jarak Jauh siswa kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi  dapat menggunaan media aplikasi ICANDO. 

Biografi Penulis

Agus Suradika, 2 Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tasyfi Barkidzki Asmas, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 9 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dewi, R. P., & Yosef, H. (2017). Hubungan antara Academic Self-Confidence dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Khaira, N. A. (2018). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Pencerahan, 12(2), 172–200.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020, April 28). Survei KPAI: Ada 246 Aduan di KPAI soal Belajar Daring, Siswa Keluhkan Tugas Menumpuk-Kuota. Website: https://www.kpai.go.id/berita/ada-246-aduan-di-kpai-soal-belajar-daring-siswa-keluhkan-tugas-menumpuk-kuota

Komisi Perlindungan Anak. (2020, April 30). Survei KPAI: Hanya 8% Guru yang Paham Gawai untuk Pembelajaran Daring. Website: https://www.kpai.go.id/berita/hanya-8-guru-yang-paham-gawai-untuk-pembelajaran-daring

Nurdin, I. R. (2017). Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Massive Open Online Course (Mooc) Di Universitas Ciputra Enterpreunership Online (UCEO). Tugas Akhir, 79.

Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaanpembelajaran Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

PT ICD Karya Indonesia. (2019). ICANDO. Website: https://icando.co.id/

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Raqfika, U., Tjalla, A., & Chanum, I. (2016). PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI DALAM PENDEKATAN TERAPI KOGNITIF-PERILAKU UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN PADA MAHASISWA (Penelitian Subjek Tunggal Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 126.

Vitasari, I. (2013). Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-03

Terbitan

Bagian

Articles