Efektifitas Infografis pada Materi Listrik Kelas VI dalam Pembelajaran Daring di SDN Kebayoran Lama 07 Pagi

Penulis

  • Sutinnah Sutinnah PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419
  • Apri Utami Parta Santi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419
  • Fitria Rosmi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar dimasa pandemi covid-19 menuntut pendidik untuk berinovasi dalam membuat media pembelajaran agar peserta didik lebih mudah menangkap materi pembelajaran yang disampaikan. Penelitian ini membahas mengenai efektifitas infografis pada pembelajaran IPA khususnya dalam materi listrik kelas VI di SDN Kebayoran Lama 07 Pagi. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data dengan menggunakan tes/soal (Pre-test dan Posttest pada kelas ekperimen dan kelas kontrol). Sempel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 54 siswa terdiri dari VI A 27 siswa dan VI B 27 siswa. Kelas VI A merupakan kelas infografis dan kelas VI B merupakan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infografis terbukti efektif dengan  hasil  belajar yang ditampilkan dari uji hipotesis.

Biografi Penulis

Sutinnah Sutinnah, PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419

PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419

Apri Utami Parta Santi, PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419

PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419

Fitria Rosmi, PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419

PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cireundeu,15419

Referensi

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Rigianti, Henry Aditia. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, 7(2).

Solihah Mar’attus dan Anggraeni Mashinta. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Elementary School, 6(1).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektifitas Infografis Sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Siswi Kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-07

Terbitan

Bagian

Articles