PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN METODE IMAGE STREAMING SISWA KELAS III SDN PONDOK PINANG 10

Penulis

  • Siska Kusumawardani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Gunawan Santoso Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Isna Masrurotun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Penelitian beertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada keterampilan menulis deskripsi pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode image streaming pada siswa kelas III di SDN 10 Pondok Pinang. didasarkan pada kesulitan anak dalam  pelajaran bahasa Indonesia khusus pada pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN Pondok Pinang 10. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Pada penelitian ini masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD yang terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan hasil temuan, ditemukan pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata yang didapat 69.13 dibandingkan pra siklus mencapai 65.84. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 75.28. Dari hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan dengan tindakan metode pembelajaran Image Streaming.

Biografi Penulis

Siska Kusumawardani, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Gunawan Santoso, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Isna Masrurotun, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Andini, N. L. (2013). Keefektifan Strategi Image Streaming dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Yogyakarta → Jurnal

Nurharini, A., & Sutikno, P. Y. (2017). Metode Image Streaming dalam Meningkatkan.Kreatifitas.Aransemen Musik. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2), 101–106. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/in → Jurnal

Taniredja, Tukiran, Dkk. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, Dan Mudah. Bandung: Alfabeta → Buku

Wenger, Win. 2017. Beyond Teaching And Learning Memadukan Quantum Teaching Dan Learning. (Terjemahan). Bandung: Nuansa. → Buku

Rahim, A. Rahman., & Paelori, Thamrin. (2018). Seluk Beluk Bahasa Dan Sastra Indonesia. Surakarta: Romiz Aisy. → Buku

Pribadi, Benny A. 2019. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. → Buku

Munirah.2019.PengembanganKeterampilan Menulis. Makassar: Fakultas KeguruanDanIlmuPendidikanUniversitasMuhammadiyah Makassar. → Buku

Kurniawan, Khaeruddin. 2007. Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing TingkatLanjut,(Online),(Http://Www.Laft.Edu?Kipbipa/Papers/Khaerudinkurniawan.Doc,D iakses Tanggal 12 Februari 2015). . → Jurnal

Resmini & Juanda. (2007). Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI PRESS. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA. Kalimaya, Volume 4, Nomor 2, Agustus 2016 → Buku

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-07

Terbitan

Bagian

Articles