SISTEM PAKAR PEMILIHAN MODEL PERBAIKAN PERKERASAN LENTURBERDASARKAN INDEKS KONDISI PERKERASAN (PCI)

Arthur Daniel Limantara, Sigit Winarto Winarto, Sri Wiwoho Mudjanarko

Abstract


Perbaikan perkerasan lentur yang diterapkan di Indonesia memasuki tahapan kritis terutama pada jalan raya, dimana perbaikan hanya dilakukan dengan model “kearifan lokal” tanpa mempertimbangkan model perbaikan berdasarkan tipe kerusakan yang terjadi. Pada perkerasan lentur tipe kerusakan yang terjadi dapat dibagi menjadi tiga kategori kerusakannya yaitu keretakan yang dibagi lagi menjadi enam jenis keretakan, garis dan lubang serta cacat permukaan dengan lima jenis cacat permukaan dan mempunyai model perbaikan berdasarkan skala PCI (pavement condition index) yang dapat dibagi menjadi tiga yaitu Pemeliharaan Preventif, Pemeliharaan Besar dan Rekonstruksi. Ke-pakar-an seseorang yang benar ahli dibidangnya sangat diperlukan guna mendapatkan model perbaikan yang tepat dan benar sehingga tidak menimbulkan anggapan asal-asalan. Suatu cabang kecerdasan buatan yang dapat dipakai pengganti kepakaran seseorang yang lebih dikenal sebagai Sistem Pakar. Makalah ini bertujuan membuat suatu sistem pakar yang akan menghasilkan keputusan pemilihan model perbaikan berdasarkan tipe kerusakan yang terjadi, sehingga diharapkan dengan adanya sistem pakar ini pengambilan keputusan perbaikan dapat dilakukan dengan cepat serta akurat dan tepat sasaran.


Full Text:

PDF

References


ASTM Designation : D6433-11 (2011). Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys, ASTM International.

Al-Khateeb, L. A., Saoud, A. and Al-Msouti, M. F., 2011. Rutting Prediction of Flexible Pavements Using Finite Element Modeling, Jordan Journal of Civil Engineering, Volume 5, No. 2, 2011.

Attoh-Okine, N. and Adarkwa, O. 2013. Pavement Condition Surveys – Overview of Current Practices, Delaware, Delaware Center for Transportation University of Delaware, 355 DuPont Hall Newark.

Boyapati, B. and Kumar, R. P. 2015. Prioritisation of Pavement Maintenance based on Pavement Condition Index, Indian Journal of Science and Technology, Vol 8 No 14 July 2015.

Bruce, R. D., Slattery, D. K., and Slattery, K. T., 2012, An Expert Systems Approach to Highway Construction Scheduling, 48th ASC Annual International Conference Proceedings.

Karim, F.M.A., Rubasi, K.A.H., and Saleh, A.A, 2016, The Road Pavement Condition Index (PCI) Evaluation and Maintenance: A Case Study of Yemen, Organization, Technology and Management in Construction, De Gruyter Open.

Kementerian PUPR, 2015. Informasi Statistik Infrastruktur, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PUSDATIN, Kementerian PUPR.

Lajnef, N., Chatti, K., Chakrabartty, S., Rhimi, M. And Sarkar, P., 2013. Smart Pavement Monitoring System, Report No. FHWA-HRT-12-072, Federal Highway Administration Office of Acquisition Management 1200 New Jersey Avenue SE Washington, DC 20590.

Limantara, A. D., Mudjanarko, S.W. 2017. Investigasi Forensik Kerusakan Perkerasan Lentur Jalan Raya: Studi Kasus Beberapa Ruas Jalan Di Jawa Timur. Jurnal UKaRsT. Volume 1 No.1 April 2017. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kadiri.

Milad, A., Basri, N. E. A., Borhan, M. N., O. K. Rahmat, R. A. A., 2016, A Review Of Web Based Expert System Flexible Pavement Maintenance, Jurnal Teknologi 78:6 page 139–147.

Muniandy, R., Aburkaba, E., Thamer, N., 2013. Comparison of Flexible Pavement Performance Using Kenlayer and Chev PC Software Program, Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(9): 112-119, 2013 ISSN 1991-8178.

Pavement Services, Inc. 2015. Pavement Condition Index Survey and Evaluation of the City of Veneta’s Street Network, Report paper for City of Veneta, 3835 NE Tillamook Street Portland, Oregon 97212

Putri, V. A., Diana, I. W., Putra, S., 2016. Identifikasi Jenis Kerusakan Pada Perkerasan Lentur: Studi Kasus Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung, JRSDD, Edisi Juni 2016, Vol. 4, No. 2, Hal:197 – 204.

Sarsam, S. I., Razzoki, S. E., Najim, S. H., 2015. Implementation of Decision Support System (DSS) in Pavement Maintenance Management, International Journal of Economics and Business Administration Vol. 1, No. 2, 2015, pp. 71-81.

Zhou, L., Ni, F, and Leng, Z., 2014. Development of an Asphalt Pavement Distress Evaluation Method for Freeways in China. International Journal of Pavement Research and Technology, Vol.7 No.2 Mar. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ