RANCANG BANGUN MOBIL HYBRID (TENAGA ANGIN DAN TENAGA SURYA) ZERO PULLUTION

Alex Surapati, Irnanda Priyadi

Abstract


Tingginya polusi seiring meningkatnya jumlah kendaraan bermotor khususnya mobil dan semakin menipisnya bahan bakar fosil, maka dibutuhkan mobil berbahan bakar hemat energi. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk membuat rancang bangun mobil hybrid (tenaga angin dan tenaga surya) yang bebas polusi. Metode yang digunakan adalah merancang dan membuat mobil hybrid serta uji coba pengisian batere dengan solar sel dan pengukuran kecepatan serta jarak tempuh mobil hybrid. Hasil yang dicapai adalah solar sel hanya mampu mengisi 2 batere dengan tegangan maksimum 24 volt. Jarak tempuh mobil hybrid saat pengujian adalah 11 km, kemampuan jarak tempuh batere mobil hybrid sekitar 15 km hingga batere drop. Kondisi saat ini sel surya  hanya dapat mengisi dua buah batere pada saat mobil berjalan hal ini disebabkan sel surya yang terpasang cuma mampu mengisi 2 buah aki dari 4 aki yang seharusnya diisi untuk dipergunakan. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa rangka mobil masih berat sehingga kecepata mobil tidak dapat maksimal, panel surya hanya mampu mengisi 2 aki, kincir angin belum optimal untuk dapat menghasilkan  listrik. Pada tahun selanjutnya perlu dilakukan penyempurnaan rangka mobil agar lebih ringan, penambahan panel surya dan perencanaan ulang kincir angin supaya mampu memutar dinamo untuk menghasilkan listrik.


Full Text:

PDF

References


Bahari, S. 2015. Analisa Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Desa Sungai Nibung Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya. Riau: FT Univ. Tanjung Pura.

............2016. http://www.antarabengkulu.com. Akses Selasa, 31 Mei 2016.

Priyadi, I., Surapati, A., Hadi, F., 2014. Perancangan Prototipe Mobil Hemat Energi Tenaga Surya. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Santosa, A.W.B. dan Mulyatno, I.P. 2014. Pemanfaatan Tenaga Angin dan Surya sebagai Alat Pembangkit Listrik pada Bagan Perahu. Semarang: Jurnal Kapal Vo. 11 No. 3, Univ. Diponegoro.

Suhartanto, T. 2014. Tenaga Hibrid (Angin dan Surya) di Pantai Baru Pandansimo Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: UGM.

Sugiharto, S.S. dan Sutjahyo, D.W. 2013. Rancang Bangun Layout dan Penempatan Sel Surya pada Prototipe Mobil Tenaga Surya. Jurnal Rekayasa Mesin Vol. 1 No. 01.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ