DESAIN SISTEM MONITORING TERNAK SAPI BERBASIS JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK SISTEM PENGGEMBALAAN LEPAS DI TIMOR BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Deddy B. Lasfeto, Tuti Setyorini, Yohan A.A. Lada

Abstract


Model sistem peternakan yang masih dijumpai khususnya di wilayah Timor Barat yakni sistem ternak lepas berdasar pada budaya masyarakat yakni keterkaitan yang kuat antara manusia, hewan, dan hutan sehingga sulit dihilangkan. Akan tetapi, Model ini memiliki sisi lain yang dapat merugikan bagi tutupan hutan karena berdampak pada lambatnya pertumbuhan biofisik hutan. Dampak negatif lainnya yakni pemilik ternak tidak mampu mengontrol dan memonitoring ternak yang dilepas di hutan sehingga banyak terjadi kasus pencurian, selain kondisi kesehatan ternak sapi yang tidak bisa termonitor. Hal lain yang menguatkan sistem ternak lepas tidak bisa dihilangkan adalah terbatasnya ketersediaan pakan oleh petani apabila diikat, selain kurangnya tenaga kerja. Mengatasi kedua permasalahan pokok ini, yakni di satu sisi sistem lepas tidak bisa dihilangkan, sedangkan di sisi lain sistem lepas memiliki dampak yang merugikan bagi lingkungan dan pemilik, maka diperlukan suatu metode monitoring dan pelacakan keberadaan ternak sapi ketika dilepas di area penggembalaan, dengan menggunakan Teknologi Informatika, berbasis sensor dan GPS (Jaringan Sensor Nirkabel). Pemantauan jarak jauh terhadap perilaku hewan di lingkungan dapat membantu mengelola hewan dan dampak lingkungannya. Kerah GPS yang merekam lokasi hewan dengan frekuensi temporal tinggi memungkinkan untuk memantau perilaku hewan dan interaksi dengan lingkungan. Sensor nirkabel ini dapat dikombinasikan dengan citra satelit yang dapat diamati dari jarak jauh untuk memahami interaksi lingkungan dengan hewan. Sistem monitoring ternak sapi berbasis jaringan sensor nirkabel dapat diterapkan pada system peternakan sapi yang umumnya dilakukan oleh masyarakat di Pulau Timor yakni sistem ternak lepas (ekstensif tradisional).


Full Text:

PDF

References


Bevan R. M., B. Hibbins.2009. The use of GPS to study the associations between cattle activity and vegetation within the Limestone Pavements of the North Yorkshire Dales National Park, School of Biology, Newcastle University

Bappeda Provinsi NTT, 2011. Rencana Induk dan Peta Jalan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Terpadu Benain 2010 – 2025 Timor Barat Berbasis Kerjasama Antar Daerah (KAD): Provinsi NTT, Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Kabupaten Belu.

Dinas Peternakan Provinsi NTT, 2017. Profil Peternakan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Draganova I., Yule I., and Hedley M. 2007. Monitoring Dairy Cow Activity With Gps-Tracking and Supporting Technologies. Institute of Natural Resources College of Sciences, Massey University Palmerston North, New Zealand

Guo.Y, P. Corke1, G. Poulton, T. Wark, G. Bishop-Hurley, and D. Swain. 2006. Animal Behaviour Understanding using Wireless Sensor Networks, IEEE.

Handcock, Rebecca N., Dave L. Swain, Greg J. Bishop-Hurley, Kym P. Patison, Tim Wark, Philip Valencia, Peter Corke, and Christopher J. O’Neill. 2009. Monitoring Animal Behaviour and Environmental Interactions Using Wireless Sensor Networks, GPS Collars and Satellite Remote Sensing.

SENSORS, 9, 3586-3603; doi:10.3390/s90503586

Spink A. 1, Cresswell B. 2, Kölzsch A. 3, F. van Langevelde4, M. Neefjes3, L. P.J.J. Noldus1, H. van Oeveren4, H. Prins4, T. van der Wal5, N. de eerd4 and W. Frederik de Boer.2013. Animal behavior analysis with GPSand 3D Accelerometers, Precision Livestock Farming.

Trotter , Lamb, Hinch. 2009. GPS livestock tracking: a pasture utilisation monitor for the grazing industry, Proceedings of the 24th Annual Conference o f the Grassland Society of NSW.

Turner L.W., Udal M.C., Larson B.T., and Shearer S.A.2000. Monitoring Cattle behavior and pasture use with GPS and GIS. Canadian Journal Of Animal Science


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ