IDENTIFIKASI HURUF BRAILLE BERBASIS IMAGE PROCESSING SECARA REAL TIME

Dewi Permata Sari, Sabilal Rasyad, Evelina Evelina

Abstract


Teknologi pengolahan citra digital (Digital Image Processing) saat ini berkembangan  sangat  pesat, maka dapat mempermudah kehidupan manusia dalam banyak aplikasi yang dapat menerapkannya.  Pengolahan citra adalah pemrosesan citra menggunakan komputer yang kualitasnya lebih baik dalam mengenal obyek. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, maka diharapkan adanya suatu aplikasi yang dapat mengenal suatu obyek yang ada di depan kamera bisa mengidentifikasi jenis objek   secara realtime.  Dengan menggunakan webcam  dapat melakukan pengambilan citra sehingga akan didapatkan gambar objek yang akan di identifikasi dengan benar/ tepat. Gambar objek diproses dengan mengidentifikasi dan melakukan tracking gambar objek tersebut. Setelah didapatkan citra gambar objek kemudian proses selanjutnya adalah membandingkan dengan database. Apabila cocok dengan database, maka keluaran yang dihasilkan berupa identtifikasi huruf abjad dan data biner dari Arduino UNO. Hasil dari Penelitian  ini bertujuan untuk mengidentifikasi huruf Braille dengan benar secara real-time dengan benar. Dari hasil Pengujian huruf Braille dengan  kamera  Logitech  C600 menggunakan waktu  dari 3 detik  sampai dengan 5 detik  maka tingkat akurasi = 92,3 % dan error = 7,7 %. 


Full Text:

PDF

References


Dahria, Muhammad. 2013. Pengenalan Pola Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Wavelet. Jurnal SAINTIKOM Vol. 12, No. 2.

Hadi, Setiawan. 2016. Modul Pratikum Pengolah Citra Digital Teori dan Aplikasi. Universitas padjajaran. Bandung.

Hartanto, Suryo. 2012. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Journal of informatic Ilmu and Technolog. Volume 1, No. 1.

Hidayatullah, Priyanto. 2017. Pengolah Citra Digital Teori dan Aplikasi. Penerbit Informatika. Bandung.

Kadir, Abdul. 2017. Pengolah Citra Digital Teori dan Aplikasi. Penerbit Informatika. Bandung.

Mulyawan, Hendy, Samsono, H.Z.M., Setiawardhana. 2013. Identifikasi dan Tracking Objek Berbasis Image Processing Secara Real Time. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Sari, P., Dewi. 2017. Pena Elektronik Untuk Bantu Baca Tuna Rungu Dan Tuna Netra.. Laporan Kemajuan Penelitian Produk Terapan RISTEKDIKTI.

Wirayuda, B.,A., Tjokorda. 2009. Pengenalan Huruf Komputer Menggunakan Algoritma Berbasis Chain Code dan Algoritma Sequence Alignment. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika Konferensi Nasional Sistem dan Informatika. 2009. Bali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ