MERANCANG STRATEGI PENJUALAN PRODUK JASA PELATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA MINING

Tri Agus Setiawan, Richardus Eko Indrajit, Muh Fauzi

Abstract


Sciencom adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelatihan dengan fokus di bidang teknologi informasi. Persaingan bisnis jasa pelatihan di Indonesia sangat ketat terbukti dari semakin banyaknya perusahaan sejenis di Indonesia khususnya Jakarta yang saat ini menjadi fokus perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Hingga saat ini 90% pelanggan perusahaan adalah kementerian atau lembaga negara Indonesia. Perusahaan sangat jarang mendapatkan permintaan pelatihan dari perusahaan swasta atau perorangan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan, menarik pelanggan baru dan loyalitas pelanggan terhadap Sciencom. Metode yang digunakan dengan memanfaatkan konsep business intelligence yaitu penggunaan metode data mining untuk mengolah data registrasi peserta setiap melakukan pelatihan untuk mengolah, menganalisa dan mengevaluasi data sehingga didapatkan keputusan strategi pemasaran yang bagus untuk diterapkan. Hasil dari penelitian ini dideskripsikan bahwa atribut berpengaruh terhadap prediksi peserta yang terdaftar sebagai peserta pelatihan sehingga dapat dibuat rancangan strategi pemasaran yang baik.

 

Kata kunci: Business Intelligence, Data Mining, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Elbashir, Mohamed Z. et al. 2013. “Enhancing the Business Value of Business Intelligence: The Role of Shared Knowledge and Assimilation.” Journal of Information Systems 27(2): 87–105.

Fallis, A.G. 2013. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Discovering Knowledge in Data.

Khan, Mohiuddin Ali, Wajeb Gharibi, and Sateesh Kumar Pradhan. 2014. “Data Mining Techniques for Business Intelligence in Educational System: A Case Mining.” 2014 World Congress on Computer Applications and Information Systems, WCCAIS 2014.

Larose, Daniel T. 2006. Data Mining Methods and Models Data Mining Methods and Models.

Nelson, Gregory S, M Edia, and E Ntertainment. 2010. “SAS Global Forum 2010 Business Intelligence / Analytics Business Intelligence 2 . 0 : Are We There yet ? Table of Contents SAS Global Forum 2010 Business Intelligence / Analytics Introduction.” : 1–10.

Vijayasarathy, Leo R. 2002. “Product Characteristics and Internet Shopping Intentions.” Internet Research 12(5): 411–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ