PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PERFORMANCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Wina Yusnaeni, Rahayu Ningsih, Titik Misriati

Abstract


Pemilihan supplier terbaik untuk bahan baku utama produksi perusahaan akan sangat berpengaruh pada hasil produksi yang akan dihasilkan oleh perusahaan. Hasil produksi yang terjamin kualitasnya akan sangat menentukan kepuasaan dari pelanggan, oleh karena hal tersebut maka perusahaan dihadapkan pada beberapa alternatif supplier yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian bahan baku. Sehingga terjadilah proses pemilihan supplier terbaik akibat adanya beberapa alternatif supplier tersebut dan tentu saja dengan banyaknya alternatif suplier yang ada menjadi dampak yang positif bagi perusahaan. Namun, disisi lain menuntut perusahaan untuk lebih dapat mempertimbangkan faktor-faktor dan memilih supplier utama mana yang layak untuk diprioritaskan menjadi mitra bisnis perusahaan. Technique For Order Performance By Similarity To Ideal Solution (Topsis) dapat dipergunakan dalam menentukan prioritas pemilihan supplier terbaik. TOPSIS adalah salah satu metode pemilihan  atau pengambilan keputusan dengan multikriteria, TOPSIS menggunakan prinsip bahwa alternative yang terpilih mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan terjauh dari solusi ideal negative dari sudut pandang geometris dengan menggunakan jarak Euclidean untuk menentukan kedekatan relative dari suatu alternative dengan solusi optimal. Kekentalan/volume, Harga yang terjangkau, Kualitas yang baik, kualitas yang stabil dan fleksibilitas pengiriman merupakan kriteria utama dalam penentuan faktor pemilihan supplier terbaik. Sedangkan, PT. CCBP, PT. HM, PT. WGI dan PD. PJ merupakan  alternatif yang dijadikan prioritas pemilihan supplier terbaik. Pengolahan data variabel yang dijadikan kriteria membuat sebuah aplikasi yang dipergunakan untuk mengolah data hasil penelitian. Berdasarkan nilai bobot kriteria pada alternatif pemilihan supplier bahan baku terbaik maka penelitian ini merekomendasikan PD. PJ sebagai supplier bahan baku oli terbaik dengan bobot  0,671.

 

Kata Kunci: Pemilihan Supplier, Responden, Topsis, Kriteria, Bahan baku.

Full Text:

PDF

References


Herjanto,Eddy.2008.Manajemen Operasi.Grasindo. Jakarta.

Kusrini. 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan, Yogyakarta : Andi Offset

Nofriansyah, Dicky, Konsep Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. deepublish. Sleman.2014

Syafaruddin. Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Grasindo. Jakarta. 2004

Turban, E., Aronson, J.E., and Liang, T.P., 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Kecerdasan), Yogyakarta: Penerbit Andi.

Perdana , Nuri Guntur, Tri Widodo. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Kepada Peserta Didik Baru Menggunakan Metode TOPSIS. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI TERAPAN 2013 (SEMANTIK 2013). Semarang. 16 November 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ