SISTEM MONITORING RUANGAN RAMAH BALITA PADA SMARTROOM MELALUI APLIKASI SOSIAL MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS (IOT)

Dody Ichwana Putra, Dian Eka Putra

Abstract


Makalah ini menjelaskan rancang bangun sistem monitoring ruangan ramah balita pada smartroom menggunakan aplikasi berbasis teknologi Internet of Things (IoT). Kontribusi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah  menerapkan konsep pervasive computing dan Internet of Things  (IoT) pada sistem monitoring ruangan ramah balita melalui aplikasi sosial media sehingga memudahkan pengguna dalam memantau keamanan balita dan kondisi ruangan. Sensor MQ-7 digunakan untuk mendeteksi asap di dalam ruangan yang selanjutnya akan mengaktifkan exhaust fan untuk mengeluarkan asap dari ruangan. Untuk menjaga keamanan balita dari aliran listrik digunakan webcam sebagai pemicu pemutus aliran listrik jika terdeteksi ada yang menutupi objek berwarna pada stop kontak listrik. Untuk mendeteksi balita keluar dari ruangan, kamera pada ruangan akan mengirimkan notifikasi dan gambar saat pintu terbuka kepada pengguna melalui aplikasi sosial media. Aplikasi sosial media twitter digunakan untuk monitoring ruangan oleh pengguna. Validasi rancangan dilakukan dengan pengujian sistem melalui purwarupa yang telah dibangun dengan menggunakan parameter uji yang telah disiapkan. Sistem monitoring ruangan ramah balita melalui aplikasi media sosial ini telah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan spesifikasi sistem yang telah dirancang.

 

Kata kunci : smartroom monitoring, Internet of Things (IoT), twitter

Full Text:

PDF

References


Harian Jogja. (2016) Lengah, Pasangan Ini Kehilangan Anak Balitanya karena Tersetrum Listrik. [Online]. http://m.harianjogja.com/baca/2016/12/17/kisah-tragis-lengah-pasangan-ini-kehilangan-anak-balitanya-karena-tersetrum-listrik-777139

Ramadhan L and Handoko L, "Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Berbasis Arduino Mega 2560," Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, e-prints 2016.

F Pradipta and H Hardinata, "Model Alat Pendeteksi Asap Rokok Menggunakan Sensor Gas Mq2 Berbasis Sms Gateway," e-prints Ilmu Komputer FMIPA Univ. Pakuan, pp. 1-6, 2015.

H Kasyidi, "Rancang Bangun Sistem Informasi Keamanan Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroller Dan Sms Gateway," Electron, vol. 9, pp. 1-13, 2009.

G Feller, "The Internet of Things : In a Connecter World of Smart Objects," Accenture & Bankinter Foundation of Innovation, 2011.

Own hung-Ming , Shin Haw-Yun , and Teng Chen-Ya , "The Study and Application of the IoT in Pet Systems," Scientific Reasearch Journal, vol. 3, no. Advances in Internet of Things, pp. 1-8, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ