PERBANDINGAN TEKNIK KLASIFIKASI UNTUK PREDIKSI STATUS KONTRAK KERJA KARYAWAN

Fajar Priyono, Richardus Eko Indrajit

Abstract


Teknik prediksi status kerja karyawan kontrak disebuah perusahaan belum menggunakan metode yang ilmiah, hal ini menyebabkan bagian SDM tidak bisa memperkiraan faktor apakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan status kerja karyawan kontrak akan diperpanjang ataupun diputus kontrak kerjanya dikarenakan setiap karyawan kontrak memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing. Prediksi yang digunakan untuk menentukan status kerja karyawan kontrak diharapkan dapat menghasilkan suatu pengetahuan yang dapat digunakan bagian SDM dalam memutuskan status kerja karyawan kontrak di perusahaan. Penelitian ini membahas teknik klasifikasi utama yang meliputi Decision Tree, KNN, Naïve Bayes, Deep Learning dan Rule Induction. Percobaan ini dilakukan menggunakan data dari sebuah perusahaan yang berisi nama-nama karyawan kontrak dengan berbagai atributnya. Area di bawah kurva (AUC) digunakan sebagai indikator akurasi dalam rangka untuk mengevaluasi kinerja pengklasifikasi. Hasil menunjukan bahwa metode Deep Learning menunjukan hasil yang paling memuaskan dibandingkan metode yang lainnya.

 

Kata kunci: Status kerja karyawan kontrak, Klasifikasi, AUC

Full Text:

PDF

References


Wahono, RS., Herman,NS., and Ahmad,S., A Comparison Freamewrok of Classification Models for Software Defect Prediction, Advanced Science Letters Vol. 20, 1945-1950, 2014.

Yu, Lan., Chen, G., Koronios, A., Zhu, S., Guo, X., Application and Comparison of Classification Techniques in Controlling Credit Risk.

Quinlan, J. R. (1987). "Generating production rules from decision trees". In McDermott, John. Proceedings of the Tenth International Joint Conference on Artificial Intelligence (IJCAI-87). Milan, Italy. pp. 304–307.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ