VISUALISASI 3D EDR (EVENT DATA RECORDER) PADA SEPEDA MOTOR

Nadia Ukhti Dzulhasni, Mohamad Safrodin, Artiarini Kusuma N

Abstract


Indonesia memiliki angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi, pada 2013 terdapat 100.106 kasus kecelakaan dan 36% nya didominasi oleh pengendara sepeda motor. EDR (Event Data Recorder) sebagai alat perekam kejadian atau yang biasa dikenal dengan black box ini, belum menjadi standar keamanan kendaraan bermotor di Indonesia. Pemvisualisasian EDR terutama pada sepeda motor sebagai alat bantu reka ulang kejadian masih sebatas gambar grafik dan data berupa angka. Maka dari itu penelitian ini mengajukan solusi baru untuk visualisasi 3D EDR pada sepeda motor yang bisa membantu mereka ulang kejadian sesuai dengan data dan kondisi yang terjadi untuk membantu pembaca memahami kejadian yang sebenarnya. Data yang digunakan untuk membantu pemvisualisasian bisa dari data EDR ataupun dari data sensor IMU (Inertial Measurement Unit) smartphone yang terekam. Visualisasi 3D EDR ini bisa diakses secara offline dan dinamis, karena pengguna cukup memasukkan data yang mereka dapatkan sendiri kedalam Visualisasi 3D EDR tanpa harus menganimasikannya secara manual. Gambar visualisasi lingkungan berasal dari Google Maps untuk merealisasikan tempat kejadian. Pengguna juga dapat memilih tipe sepeda motor yang ingin divisualisasikan. Pemvisualisaian ini nantinya bisa membantu kepolisian dalam menangani kasus kecelakaan pada sepeda motor, peningkatan standar keamanan, dan penelitian untuk perkembangan produk motor selanjutnya yang ada  di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Agus, IG K. W. 2015Sistem Informasi Trafik Lalu Lintas Cerdas di Bali, Denpasar: Universitas Udayana Denpasar.

Fan, X., Baoqin He, Patrick Brezillon. 2017.Context-Aware Big Data Analytics andVisualization for City-Wide Traffic Accidents.Lanzhou Universuty. China.

Hynd, D., Mike McCarthy, 2014. Study on The Benefits Resulting from The Installation of Event Data Recorders. Project Report PPR707. European Union.

Kantor Kepolisian Republik Indonesia

Kingsley, L., Bell, Francois Mouton, Tommie Meyer. 2017.Mobile on-board vehicle event recorder: MOVER, Cape Town, South Africa.

Pangayuh , T.K. 2016.3D Data Reconstruction of Motorcycle’s EDR (Event Data Recorder).Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya.

World Health Organization. 2010. Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ