PENERAPAN METODE FUZZY LOGIC PADA KURSI RODA ELEKTRIK DENGAN KENDALI SUARA

Azanul Khairi Ridia, Anton Hidayat, Derisma Derisma

Abstract


Penggunaan joystick sebagai kendali kursi roda elektrik tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan penggunanya. Ahli klinis menyatakan bahwa ada 85 % pasien setiap tahunnya tidak bisa menggunakan kursi roda elektrik disebabkan oleh minimnya keterampilan menggunakan kursi roda bermotor, masalah kekuatan fisik dan masalah ketajaman penglihatan, pergerakan motor yang diskrit dan kasar serta cenderung memiliki pergerakan yang tidak akurat sesuai dengan target yang diinginkan.  Untuk mengatasi permasalahan ini, maka pada  penelitian ini digunakan kontrol logika fuzzy sebagai pengatur pergerakan motor kursi roda elektrik sehingga pergerakan kursi roda elektrik diharapkan sesuai dengan target yang diinginkan penggunanya. Berdasarkan hasil pengujian modul voice recognition memiliki persentase keberhasilan 82.85% dalam mengenali semua perintah yang diberikan. Sedangkan lama  waktu sistem mencapai nilai  set point  45º adalah 3,24 detik, set point  90º adalah 4,29 detik, set point -45º adalah 3,03 detik, set point -90º adalah 4,43 detik dan set point 180º adalah 5,35 detik.

Kata kunci: Kursi Roda Elektrik, Fuzzy Logic, Voice Recognition

Full Text:

PDF

References


Batan, I Made Londen, 2006, Pengembangan Kursi Roda Sebagai Upaya Peningkatan Ruang Gerak Penderita Cacat Kaki. Jurusan teknik Mesin. ITS. Surabaya.

Fehr, Linda Dkk, 2000, Adequacy Of Power Wheelchair Control Interface For Persons With Severe Disabilies: A Clinical Survey. Journal of Rehabilitation Research and Development Vol.37, Departemen Of Veteran Affairs.

Kok Seng Eu dkk, 2004. Fingers Bending Motion Controlled Electrical. Wheelchair by Using Flexible Bending Sensors with Kalman filter Algorithm. Department of Mechanical Engineering. Tunku Abdul Rahman University College Malaysia.

Syam, Rafiudin,dkk. 2014. Sistem Kendali Fuzzy Logic Pada Tri Star Wheelchair. Prodi Teknik Mesin. Universitas Hasanudin. Surabaya

Kusumadewi, Sri. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Mendukung Keputusan. Yogyakarta. Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ