EKSPLORASI ARSITEKTUR SEBAGAI SALAH SATU METODE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MAHASISWA AKTIF DI JURUSAN ARSITEKTUR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Ari Widyati Purwantiasning

Abstract

Ada kata-kata bijak yang mengatakan bahwa seorang arsitek tidak akan berkembang imajinasinyajika hanya mengurung diri dalam kehampaan ruangnya sendiri. Maksudnya di sini adalah bahwaseorang  arsitek  harus  mampu  berpetualang  baik  secara  fisik  maupun  secara  non  fisik  yaituimajinasinya. Salah satu usaha dalam  memperluas wawasan dan wacana dalam  mengembangkandaya  imajinasi,  kreatifitas  maupun  kemampuan  berinovasi  seorang  calon  arsitek  dalam  hal  inimahasiswa arsitektur, adalah dengan menjelajahi berbagai tempat dan daerah baik di dalam negerimaupun luar negeri. Tempat-tempat inilah yang akan menjadi tambahan ilmu pengetahuan maup unwawasan  bagi  calon  arsitek  khususnya  mahasiswa  arsitektur  Jurusan  Arsitektur  Fakultas  TeknikUniversitas  Muhammadiyah  Jakarta  (FT-UMJ). Dalam  melaksanakan  kegiatan  Tri  DharmaPerguruan  Tinggi  di  mana  salah  satunya  adalah  Proses  Belajar  Mengajar  yang  tentunya  didalamnya harus terdapat dua komponen yang saling menunjang yaitu mahasiswa dan dosen. Keduakomponen ini tentunya tidak berdiri sendiri, namun saling mengisi satu sama lain. Saat ini dosenatau staf pengajar tidak lagi berfungsi hanya sebagai pengajar yang aktif memberikan bahan ajarsecara  satu  arah,  namun  dosen  juga  berfungsi  sebagai  fasilitator  dalam  mengarahkan  mahasiswadalam  menerima  bahan  ajar  yang  diberikan.  Terkadang  justru  dosen  juga  belajar  banyak  darimahasiswa  yang  memiliki  wawasan  lebih  luas  dari  dosennya.  Pada  ilmu  arsitektur,  berbagaimetode belajar dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang konkrit antara teori dengan duniapraktisi.  Untuk  mengembangkan  ilmu  dan  wawasan,  dosen  dan  mahasiswa  tidak  hanya  terdiampasif melakukan proses belajar mengajar di dalam kelas saja. Beberapa metode digunakan untukmencapai pemahaman konkrit tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud mengkaji bahwametode  dalam  proses  belajar  mengajar  mahasiswa  aktif  tidak  harus  dilakukan  di  dalam  kelas.Bahwa sebuah kegiatan belajar di luar ruangan seperti eksplorasi arsitektur akan menjadi salah satualternatif metode yang tepat dalam memperluas wawasan, pemikiran dan ilmu pengetahuan yangkonkrit dapat dilihat secara langsung hasilnya.

References

Bonwell, Charles C. & Eison, James A,

, Active Learning: Creating

Excitement in the Classroom,

www.ntlf.edu.

Center for Teaching and Learning

(Teaching Resources), 2000, Active

Learning, www.umn.edu.

Fink, L. Dee, 1999, Active Learning,

www.hcc.hawaii.edu.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar

Ayu Aryani, 2002, Strategi

Pembelajaran di Perguruan Tinggi,

Center for Teaching Staff Development

(CSTD), IAIN Sunan Kalijaga,

Yogyakarta.

Purwantiasning, Ari Widyati, 2008,

Komunikasi Arsitektur: Strategi

Presentasi dan Negosiasi dalam

Arsitektur, Bias Arkade, Jakarta.

www.acu.edu, 2000, What is Active

Learning.

Downloads

Published

2014-11-12

Issue

Section

Articles